Dark/Light Mode

Israel Bombardir Gaza

Jokowi: Hentikan Perang Segera..!

Rabu, 11 Oktober 2023 07:50 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan sejumlah pimpinan negara telah bersuara keras tentang perang yang terjadi di jalur Gaza. Semua serempak menyerukan agar perang segera dihentikan. Namun, hingga kemarin (10/10/2023), Israel belum terlihat mengendurkan tensi serangannya. Israel masih bombardir Gaza tanpa berhenti semenit pun.

Menurut laporan Al-Jazeera, pengeboman yang dilakukan pasukan udara Israel terpusat ke dalam kota Gaza yang sudah terkepung sejak Selasa (10/10/2023) dini hari. Bom terus berjatuhan menghantan banyak tempat di Gaza. Kapal-kapal milik Angkatan Laut Israel, menurut laporan Alarabiya, melancarkan beberapa serangan udara ke area pantai Gaza dan Khan Younis.

Baca juga : Jokowi Restui Prabowo?

Bahkan untuk lebih meningkatkan serangan, Angkatan Udara Israel menarik pulang pasukan­nya yang sedang berada di Eropa. Menurut laporan Times of Israel, lara prajurit yang sedang tidak bertugas ini diangkut dengan pesawat angkut berat jenis C-130 dan C-130J. Rencananya para prajurit ini diterjunkan dalam perang melawan Palestina.

Militer Israel, dalam pernyataannya, menyebut pihaknya telah melancarkan serangan terhadap lebih dari 200 target di dalam Jalur Gaza untuk memus­nahkan militan Hamas. Serangan itu juga menargetkan area Rimai di Gaza City yang menjadi lokasi gedung kementerian dan pemerintahan Hamas.

Baca juga : Jokowi: Tanya Ke KPK, Jangan Tanya Saya

Akibat serangan udara Israel ini, gedung-gedung di Gaza hancur, rata dengan tanah. Jumlah korban tewas pun bertambah menjadi sedikitnya 770 orang. Sekitar 4.000 orang lain­nya mengalami luka.

Menanggapi eskalasi yang terus meningkat, Presiden Jokowi mendesak agar perang dan tindak kekerasan dihenti­kan. Khususnya yang terjadi di daerah konflik antara Palestina dan Israel agar tak terus-terusan memakan korban jiwa.

Baca juga : Solidaritas Ulama Muda Jokowi Tentukan Langkah Di Pilpres 2024

Presiden 2 periode ini men­dorong agar akar permasala­han yang menimbulkan kon­flik Palestina dan Israel segera diselesaikan sesuai dengan ke­tentuan yang telah disepakati. “Akar konflik tersebut yaitu pen­dudukan wilayah Palestina oleh Israel harus segera diselesaikan sesuai dengan parameter yang sudah disepakati PBB,” kata Jokowi, di Istana Merdeka, Ja­karta, Selasa (10/10/2023).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.