Dark/Light Mode

Puluhan Mahasiswa Dibekuk Polisi

Kampus AS Kompak Demo Bela Palestina

Rabu, 24 April 2024 06:20 WIB
Ratusan mahasiswa dan pendukung pro-Palestina berunjuk rasa di persimpangan Grovedan College Streets, di depan Woolsey Hall, kampus Universitas Yale di New Haven, Connecticut, 22 April 2024. Foto: NED GERARD/HEARST CONNECTICUT MEDIA VIA AP
Ratusan mahasiswa dan pendukung pro-Palestina berunjuk rasa di persimpangan Grovedan College Streets, di depan Woolsey Hall, kampus Universitas Yale di New Haven, Connecticut, 22 April 2024. Foto: NED GERARD/HEARST CONNECTICUT MEDIA VIA AP

 Sebelumnya 
Polisi menangkap lebih dari 100 mahasiswa Universitas Columbia dan kampus lain pada Kamis pekan lalu. Mahasiswa luar ditangkap atas tuduhan masuk tanpa izin.

NYPD juga menyiagakan polisi di jalan-jalan Manhattan, sekitar kampus Columbia, tempat terjadinya konfrontasi antara kelompok pro-Palestina dan pro-Israel.

Para demonstran bukan hanya Muslim, tapi juga kelompok Yahudi. Mereka menginap beberapa malam dengan tidur di halaman terbuka. Para mahasiswa juga melaksanakan salat, demikian pula penganut Yahudi.

Baca juga : KPK Temukan Dua Pejabat Keuangan Punya Aset Kripto

Mereka menggelar orasi yang mengecam Israel dan Zionisme serta memuji perlawanan bersenjata Palestina.

Lebih dari 100 staf pengajar Universitas Columbia bergabung dengan demonstran mahasiswa pada Senin (22/04/2024) dalam aksi solidaritas.

Prahlad Iyengar, seorang mahasiswa pascasarjana Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang mempelajari teknik elektro, termasuk di antara sekitar dua lusin mahasiswa yang mendirikan tenda di kampus sekolah Cambridge, Massachusetts, pada Minggu (21/4/2024).

Baca juga : Ngakak Dituduh Terlibat Korupsi

Mereka mendesak gencatan senjata dan memprotes apa yang mereka gambarkan sebagai keterlibatan MIT dalam genosida yang sedang berlangsung di Gaza.

“MIT bahkan belum menyerukan gencatan senjata dan itu adalah tuntutan yang kami miliki,” tegas Iyengar.

Sejak Kamis (18/4/2024) pekan lalu, sejumlah mahasiswa pro Palestina melakukan aksi damai di area kampus dengan mendirikan tenda berwarna hijau.

Baca juga : Kemenangan Prabowo-Gibran Sah

Mereka mendesak petinggi kampus untuk mengeluarkan kecaman atas kekejaman Israel yang terus menyerang Gaza tanpa ampun.

Tidak mau kalah, para mahasiswa pro Israel pun ikut melakukan aksi serupa di lokasi kampus. Aksi protes dua kubu ini terjadi di beberapa kampus besar Paman Sam. Mau tidak mau, kampus mengambil langkah tegas agar kedua kubu tidak bentrok. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Rabu, 24 April 2024 dengan judul "Puluhan Mahasiswa Dibekuk Polisi Kampus AS Kompak Demo Bela Palestina"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.