Dark/Light Mode

Terus Unjuk Rasa Walau Ditangkapi Polisi

Wisuda Diwarnai Demo Mahasiswa Pro Palestina

Senin, 13 Mei 2024 06:20 WIB
Protes mahasiswa pro-Palestina berlanjut pada upacara wisuda di kampus Amerika Serikat (AS), akhir pekan. Foto: THE HILL
Protes mahasiswa pro-Palestina berlanjut pada upacara wisuda di kampus Amerika Serikat (AS), akhir pekan. Foto: THE HILL

 Sebelumnya 
Sementara itu, tekanan dunia terhadap Israel semakin kuat. Serangan membabi buta Israel di Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 telah menewaskan puluhan ribu warga sipil. Kementerian Kesehatan di Gaza menyatakan, korban tewas telah mencapai 34.971 jiwa, Sabtu (11/5/2024).

Presiden Kolombia Gustavo Petro menyerukan agar Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu ditangkap atas ke­jahatan perang Israel di Gaza.

Baca juga : Tersangka WN China Dibawa Ke Bareskrim

Netanyahu lantas menuding Petro berpandangan antisemit (anti-Yahudi). “Israel tidak akan dikuliahi oleh pendukung Hamas yang antisemit,” tulis Ne­tanyahu di platform media sosial X, Sabtu (11/5/2024).

Awal bulan ini, Petro mengatakan, Kolombia akan me­mutuskan hubungan diplomatik dengan Israel. Alasannya, negara Yahudi itu memiliki presiden yang melakukan genosida ter­hadap bangsa Palestina.

Baca juga : Maia Estianty, Dihujat Pasca Al-Alyssa Balikan

Pada Jumat (10/5/2024), Petro mengunggah cuitan di media sosial yang membuat pemimpin Israel meradang.

“Netanyahu tidak akan meng­hentikan genosida, yang berarti akan ada perintah penangkapan oleh Mahkamah Pidana Interna­sional,” tulisnya.

Baca juga : Airlangga Senang Kalau Ada Oposisi

Hubungan Israel dengan Pemerintah di seluruh Amerika Latin memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Hal itu disebabkan oleh kebrutalan pasukan Zionis di Gaza. Sejak 7 Oktober lalu, mili­ter Israel telah membantai hampir 35.000 warga sipil di wilayah kan­tong Palestina itu. Sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Senin, 13 Mei 2024 dengan judul "Terus Unjuk Rasa Walau Ditangkapi Polisi Wisuda Diwarnai Demo Mahasiswa Pro Palestina"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.