Dark/Light Mode

Semua Biaya Ditanggung Pemerintah Saudi

13 WNI Beruntung Bisa Tunaikan Haji Tahun Ini

Senin, 3 Agustus 2020 07:16 WIB
Dalam foto yang dirilis Kementerian Media Saudi, ratusan jamaah haji berjaga jarak saat bertawaf mengelilingi HajiKabah di kota suci Makkah, Arab Saudi, Rabu (29/7).
Dalam foto yang dirilis Kementerian Media Saudi, ratusan jamaah haji berjaga jarak saat bertawaf mengelilingi HajiKabah di kota suci Makkah, Arab Saudi, Rabu (29/7).

 Sebelumnya 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menilai, pelaksanaan ibadah haji yang dilaksanakan tahun ini sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Bahkan, kegiatan ini disebut sebagai sebuah contoh yang harus ditiru. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta negara-negara lain untuk bisa mengikuti contoh pelaksanaan haji tahun ini. Agar dapat diterapkan ke kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Asosiasi Kesehatan Bikin Gerakan Sendiri-sendiri

“Menyesuaikan diri dengan situasi baru dan hidup berdampingan dengan virus dan melindungi kehidupan orang-orang,” kata Ghebreyesus.

Selain itu, Ghebreyesus juga mengingatkan, virus corona tidak akan menghentikan kehidupan. Namun, masyarakat harus bisa hidup berdampingan sambil melindungi diri sendiri dan juga orang lain di sekelilingnya. Setidaknya, ada delapan protokol yang diterapkan dalam ibadah haji tahun ini.

Baca juga : Urusan PAN Gabung Kabinet Ada di Tangan Zulkifli Hasan

Pertama, tiap jamaah melakukan isolasi diri di rumah masing-masing mulai tanggal 28 Dzulqaidah 1441 H. Kedua, semua jemaah harus masuk isolasi yang disediakan pemerintah Saudi pada 4 Dzulhijjah sebelum waktu Dzuhur.

Ketiga, jemaah akan melakukan haji ifrad dan mulai memasuki ihram dari Miqat Qarn Al Manazil (Taif). Keempat, semua jemaah harus bekerja sama melaksanakan instruksi demi kesehatan dan keselamatannya.

Baca juga : Pemerintah Harus Majukan Industri Pertahanan Nasional

Kelima, supervisor, bus, dan WhatsApp grup akan tersedia untuk tiap 20 jemaah. Selanjutnya, tiap jemaah akan menerima tiga tas perlengkapan haji. Ketujuh, jemaah menuju Mekkah dan tinggal di isolasi hingga 8 Dzulhijjah. Terakhir, grup WhatsApp dibuat untuk berkomunikasi, mengirim instruksi, dan menyediakan keperluan selama haji. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.