Dark/Light Mode

Diprediksi Umumkan Wakilnya Pekan Ini

Sosok Bakal Cawapres Biden Pernah Tinggal di Jakarta

Selasa, 11 Agustus 2020 22:57 WIB
Apakah Tammy Duckworth akan jadi cawapres Joe Biden? Ditunggu pengumumannya.
Apakah Tammy Duckworth akan jadi cawapres Joe Biden? Ditunggu pengumumannya.

 Sebelumnya 
"Tapi sekali lagi, semua perempuan yang namanya disebutkan sejauh ini sungguh luar biasa, dan saya telah bekerja dengan masing-masing dan setiap dari mereka, dan siapa pun dari kita dapat maju dan melakukan pekerjaan itu."

Selain memiliki pengalaman militer, latar belakang multikultural Duckworth menjadi kelebihannya. Dia lahir dari ayah pria kulit putih AS dan ibu berdarah Thailand-China. Dia lahir di Bangkok, Thailand, pada 12 Maret 1968 saat ayahnya, Franklin Duckworth, bertugas di negara Asia Tenggara.

Sejak itu ayah berpindah tugas di berbagai negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Dalam wawancaranya di majalah Chicago pada Mei 2012, Tammy Duckworth mengaku pernah menghabiskan masa kecil di Jakarta selama 7 tahun. Dia mahir berbahasa Indonesia dan tentu saja bahasa Thailand.

Baca juga : Petrotekno Bakal Gembleng Warga Lokal

“Saya lancar berbahasa Indonesia. Sebelum bicara dalam bahasa Inggris, saya bicara dalam bahasa Thailand,” katanya dalam wawancara tersebut.

Menurut catatan biografinya, senator Amerika ini pernah sekolah di Jakarta International School (JIS) yang saat ini berganti nama menjadi Jakarta Intercultural School. Di Jakarta, dia terkesan saat belajar bahasa Indonesia dan menemukan teman baru. 

Selain itu, Biden diharapkan bisa mengambil hati warga kulit hitam. Senator Kamala Harris dan mantan penasihat keamanan nasional Susan Rice yang berasal dari masyarakat kulit hitam AS menjadi kandidat yang paling kuat.

Baca juga : Terbangkan BlackHawk, Kaki Diamputasi Di Irak

Petinggi Partai Demokrat dan sekutu Biden, anggota House of Representative Karen Bass, dan banyak politisi perempuan lainnya juga masuk nominasi. 

Seperti Senator Elizabeth Warren, Senator Tammy Duckworth, anggota House Val Demings, Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham dan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, pilihan politik Biden menarik banyak perhatian yang sangat besar terutama usianya.

Bila berhasil mengalahkan Trump maka pada hari pelantikan presiden bulan Januari tahun depan Biden akan berusia 78. Ia akan menjadi presiden tertua Amerika dan diperkirakan hanya mengincar satu periode. [MEL]

Baca juga : Partai Nasdem Bidik Enam Pilkada di Jabar

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.