Dark/Light Mode

Pasca Tragedi Ethiopian Airlines

10 Negara Ini Sudah Kandangkan Boeing 737 Max 8

Selasa, 12 Maret 2019 18:47 WIB
Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepuluh negara akhirnya sepakat mengandangkan pesawat Boeing 737 Max 8, pasca jatuhnya pesawat Ethiopia Airlines ET 302 yang menewaskan 157 orang di Hejere dekat Bishoftu, sekitar 50 kilometer selatan Addis Ababa, Minggu (11/3). Kejadian tragis itu berselang 5 bulan dengan tragedi jatuhnya Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10). Tragedi ini menewaskan 189 orang.

Inilah delapan negara yang sementara waktu menghentikan operasional pesawat Boeing 737 Max 8, seperti dilansir AP:

1. Australia
Australia telah memutuskan pelarangan operasional pesawat Boeing 737 Max dan variannya, meski tak satu pun maskapai penerbangan di negara Kanguru itu yang menggunakan pesawat jenis tersebut. Selasa (12/3), Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia mengatakan, dua maskapai yang bakal terkena imbas pelarangan tersebut adalah Silk Air milik Singapura, dan Fiji Airways milik Fiji. 

Baca juga : 21 Stafnya Jadi Korban Ethiopian Airlines, PBB Pasang Bendera Setengah Tiang

Silk Air disebut telah mengandangkan pesawat Boeing 737 Max miliknya. Sedangkan Fiji Airways, masih berharap menerbangkan jetnya ke negara-negara Pasifik.

2. Brazil
Maskapai penerbangan milik Brazil, Gol Airlines telah menangguhkan penggunaan jet 121 Max 8. Gol mengaku tengah mengikuti investigasi Max 8 dengan cermat dan berharap pesawat tersebut bisa segera digunakan. Gol tercatat telah melakukan 3.000 penerbangan dengan Max 8 yang mulai beroperasi pada Juni 2018, dengan keamanan dan efisiensi total.

3. Kepulauan Cayman

Baca juga : Patuhi Kemenhub, Lion Air Kandangin 10 Pesawat Boeing 737 MAX 8

Presiden dan CEO Cayman Airways Fabian Whorms mengatakan, keputusan mengandangkan Max 8 terhitung Senin (11/3) adalah bentuk komitmennya terhadap keselamatan penerbangan. Terkait hal tersebut, sejumlah jadwal penerbangan akan menyesuaikan. 
Cayman Airways membeli Max 8 pertamanya pada November 2018, dan yang kedua pada awal Maret ini. 

4. China
Dengan 96 pesawat Max 8 yang dimiliki maskapai negeri ini, China tercatat sebagai negara yang paling banyak mengoleksi pesawat Max 8 dalam industri penerbangan. Maskapai yang menggunakannya adalah Air China, China Eastern Airlines, and China Southern Airlines. 

Otoritas Penerbangan Sipil China telah memerintahkan seluruh maskapai tersebut, untuk tidak mengoperasionalkan pesawat Max 8, sejak Senin (11/3). 

Baca juga : Ombudsman: Kemenhub Jangan Ragu Larang Penerbangan Boeing 737 Max 8

Untuk diketahui, dalam tragedi Ethiopian Airlines, tercatat 8 WN China yang menjadi korban. 

5.Ethiopia

Juru Bicara Ethiopian Airline Asrat Begashaw mengatakan, pihaknya akan mengandangkan 4 pesawat Max 8 miliknya sebagai bentuk proteksi keselamatan penerbangan. Maskapai ini sebenarnya masih menanti pengiriman lebih dari pesawat Max 8 dari Boeing.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.