Dark/Light Mode

Australia Dukung Penyebaran Informasi Kredibel Seputar Covid-19

Jumat, 20 November 2020 14:35 WIB
Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne. [Foto: Agence France-Presse]
Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne. [Foto: Agence France-Presse]

 Sebelumnya 
Pernyataan tersebut dikeluarkan secara bersama-sama oleh Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt, Asisten Menteri Pertahanan Australia Alex Hawke, dan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne Oktober kemarin.

Pemerintah Australia menyebut, kawasan Indo-Pasifik adalah penggerak ekonomi global baru. Sehingga, memastikan kawasan tersebut agar dapat pulih dengan cepat akan memicu aktivitas ekonomi dan memulihkan ketersediaan lapangan pekerjaan, baik di dalam dan luar negeri.

Baca juga : Australia Mau Bangun Rumah Sakit Di Indonesia Senilai 1 Miliar Dolar

Australia juga menyatakan telah melakukan serangkaian perjanjian pembelian di muka dengan sejumlah produsen dan melalui partisipasi dalam kerja sama multilateral yang difasilitasi oleh COVAX.

Selain menyediakan penyediaan vaksin Covid-19, Australia juga akan memberikan dukungan teknis kepada mitra-mitra mereka. Negeri “Kanguru” itu juga bakal membantu penilaian keamanan, kemanjuran dan kualitas vaksin oleh badan regulasi nasional, yang diinformasikan sesuai saran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga : Ini Tips Dari Praktisi Hukum Hadapi Covid-19

“Kami melakukan komitmen tambahan senilai 500 juta dollar Australia (Rp 5,1 triliun) selama tiga tahun untuk upaya ini di atas 23,2 juta dollar Australia (Rp 239 miliar) yang telah dianggarkan dalam Anggaran Pemerintah Australia,” beber Payne, dalam event virtual GTH, mengulang komitmen yang disebutnya pada Oktober lalu.

Pendanaan tersebut selanjutnya akan membantu memastikan, bahwa negara-negara Pasifik dan Timor-Leste dapat memperoleh cakupan imunisasi penuh dan akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk memenuhi kebutuhan Asia Tenggara. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.