Dark/Light Mode

Arcandra Tahar Dorong PGN Efisien Bangun Infrastruktur

Kamis, 5 November 2020 07:49 WIB
Komisaris Utama (Komut) PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero Arcandra Tahar. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Komisaris Utama (Komut) PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero Arcandra Tahar. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisaris Utama (Komut) PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero Arcandra Tahar mengingatkan pentingnya melakukan perhitungan yang matang dan cermat di dalam membangun infrastruktur gas.

“Sebelum membangun infrastruktur, perusahaan harus memastikan darimana sumber pasokan migasnya. Serta potensi pasar yang akan menyerap energi tersebut,” katanya dalam unggahan di laman instagramnya @arcandra.tahar, kemarin.

Baca juga : Wirausaha Baru Bakal Dorong Penguatan Struktur Ekonomi

Dia menuturkan, aspek teknologi dan komersial menjadi faktor penentu efisiensi infrastruktur. Arcandra menjelaskan, saat ini PGN terus melakukan berbagai upaya untuk tetap mengembangkan infrastruktur di berbagai daerah.

Namun ditekankannya, PGN berupaya melaksanakannya sebaik mungkin. Menurutnya, proses efisiensi yang dilakukan PGN dimulai sejak proyek infrastruktur direncanakan.

Baca juga : AP I Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lewat Konektivitas Infrastruktur Udara

Tim di internal PGN akan merumuskan dan menentukan terlebih dahulu, beberapa aspek strategis dan teknis. Misalnya pada tahap awal, harus ditentukan target bisnis proyek tersebut secara jelas, terukur berdasarkan data yang valid.

Deadline dan milestone harus clear dengan didukung pemahaman yang matang, terhadap pasar atau konsumen,” jelasnya.

Baca juga : Gandeng YAAI, Kipina Bangun TK di Indonesia

Wakil Menteri ESDM Kabinet Kerja 2016-2019 ini menegaskan, faktor teknologi dan aspek komersial dikedepankan PGN, dalam memutuskan sebuah proyek infrastruktur migas.

“Hasilnya telah terbukti efektif. Pada proyek infrastruktur pipa minyak ke blok Rokan, PGN bisa menghemat biaya 150 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau lebih dari Rp 2,1 triliun,” ungkapnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.