Dark/Light Mode

Ingatkan 3 Tantangan Global, Menlu Retno Dorong Negara Kolaborasi

Jumat, 20 November 2020 14:27 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam acara Global Town Hall, Jumat (20/11/2020). (Foto Dok RMco.id)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam acara Global Town Hall, Jumat (20/11/2020). (Foto Dok RMco.id)

 Sebelumnya 
Saat ini ada lebih dari 53 juta orang yang telah terinfeksi Virus Corona. Dan juga ada lebih dari 1,3 juta orang yang meninggal akibat virus tersebut.

Di berbagai KTT yang diikuti Indonesia bulan ini, isu-isu penting itu akan dibawa. Karena, menurutnya, kerja sama dan kolaborasi global adalah suatu keniscayaan. Meski tidak mudah. "Diperlukan kerja sama dan kolaborasi. Diperlukan kepemimpinan global dan juga komitmen," ujarnya.

Baca juga : Dubes RI Kamapradipta Isnomo Dorong Ekspor Sepeda Ke Swedia

Dia mengingatkan lagi ucapan Jokowi pada Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) September lalu. Saat itu, kata wanita yang menjabat Menlu sejak 2014 ini, Jokowi menggarisbawahi bahwa, tidak ada satu pihak pun yang menang dalam kehancuran. Dan tidak akan ada artinya jadi kekuatan ekonomi yang besar di tengah bumi yang sedang tenggelam.

Menurutnya, pernyataan itu memiliki arti yang sangat mendalam. Terlebih, masyarakat global berada di planet yang sama. Dan bernafas dengan udara yang sama. Tiap pihak terhubung satu sama lain. Dan hubungan itu tidak dapat diputuskan. Jika salah satunya terputus, maka yang lain akan terganggu. Dan itu akan merugikan semuanya.

Baca juga : RI Peringkat 9 Negara Rawan Serangan Cyber

"Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah dengan melangkah maju bersama," tandasnya.[PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.