Dark/Light Mode

Pelantikan Presiden AS Penuh Kegembiraan

Anginnya Kencang, Biang Keroknya Kabur

Kamis, 21 Januari 2021 05:55 WIB
Didampingi istri tercinta, Jill, Joe Biden mengucapkan sumpah saat dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 di Capitol Hill, Washington DC, kemarin. (Foto : Net).
Didampingi istri tercinta, Jill, Joe Biden mengucapkan sumpah saat dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 di Capitol Hill, Washington DC, kemarin. (Foto : Net).

 Sebelumnya 
Setelah itu, Biden menyampaikan pidato. Politisi Partai Demokrat itu menekankan upaya untuk menyatukan AS yang sudah terbelah. Mantan Senator Delaware tersebut menekankan, dia adalah presiden bagi semua rakyat AS, bukan hanya untuk yang memilihnya.

Dalam acara ini, panitia biasanya mengundang 200 ribu pendukung presiden terpilih untuk memeriahkan acara. Tapi, kali ini, tak satu pun pendukung yang diundang. Selain karena pandemi Corona, pihak keamanan membatasi pengunjung lantaran ancaman kerusuhan.

Sejak jauh hari, petugas keamanan mengimbau pendukung Biden tak menghadiri acara pelantikan. Akibatnya, tak terlihat tim hore di lokasi. Sebagai gantinya, petugas mengibarkan 200 ribu bendera di sekitar lokasi.

Baca juga : Kesannya, Kayak Kurang Kerjaan

Lalu ke mana Trump? Dia memang pecundang. Dia tak hadir di acara pelantikan. Juga istrinya, Melania. Karena ketidakhadirannya, ritual “sertijab” dan “tur Istana” dari presiden lama ke presiden baru, juga dari ibu negara lama ke ibu negara baru, tidak dilakukan.

Trump memutuskan meninggalkan Gedung Putih pagi-pagi, sebelum Biden dilantik. Trump keluar Gedung Putih dengan helikopter kepresidenan AS, Marine One.

Trump didampingi Melania, keluar dari Gedung Putih sekitar pukul 08.15. Keduanya berjalan beriringan masuk ke dalam Marine One yang sudah menunggu mereka di South Lawn Gedung Putih. Trump dan Melania sempat menyapa wartawan dan staf yang menanti mereka di dekat South Lawn Gedung Putih.

Baca juga : Varian Baru Covid Teridentifikasi Karena Kemampuan Analisis Genomik Inggris Yang Canggih

Marine One membawa Trump dan Melania ke pangkalan militer Joint Base Andrews, Maryland. Di sana, Trump berpidato dan menjalani seremoni perpisahan bergaya militer, sesuai permintaannya.

Dari Joint Base Andrews, Trump dan Melania melanjutkan penerbangan ke Palm Beach, Florida, dengan pesawat kepresidenan AS, Air Force One. Ini akan menjadi momen terakhir Trump terbang dengan pesawat kepresidenan AS.

Bye-bye Trump. Selamat bekerja Biden. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.