Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pelantikan Presiden AS Penuh Kegembiraan

Anginnya Kencang, Biang Keroknya Kabur

Kamis, 21 Januari 2021 05:55 WIB
Didampingi istri tercinta, Jill, Joe Biden mengucapkan sumpah saat dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 di Capitol Hill, Washington DC, kemarin. (Foto : Net).
Didampingi istri tercinta, Jill, Joe Biden mengucapkan sumpah saat dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 di Capitol Hill, Washington DC, kemarin. (Foto : Net).

RM.id  Rakyat Merdeka - Upacara pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden ke-46 dan Wakil Presiden ke-49, Amerika Serikat, di Washington DC, kemarin siang waktu Amerika atau tadi malam waktu Indonesia, berjalan penuh haru, penuh kegembiraan, juga ada romantisnya. Angin bertiup kencang. Untungnya, pelantikan berjalan lancar dan penuh khidmat, meski si biang kerok (Donald Trump) sudah ngacir duluan.

Acara inagurasi Biden memang tak semeriah saat pelantikan Donald Trump pada 2017. Apalagi kalau dibandingkan dengan inagurasi Barack Obama pada 2009. Sangat jauh berbeda.

Baca juga : Kesannya, Kayak Kurang Kerjaan

Saat Obama dilantik, suasana begitu meriah, ramai, dan heboh. Saat itu, 2 juta orang turun ke jalan untuk menghadiri pelantikan. Tak hanya di Amerika, kemeriahan juga terasa di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di pelantikan Biden, tadi malam, suasananya sangat terasa berbeda. Tamu undangan dibatasi. Pengamanan luar biasa ketat. 25 ribu tentara diturunkan. Ini untuk mengantisipasi kerusuhan. Sebab, sebelumnya sempat ada kekhawatiran pada pendukung Trump akan kembali membuat onar, seperti 6 Januari lalu.

Baca juga : Varian Baru Covid Teridentifikasi Karena Kemampuan Analisis Genomik Inggris Yang Canggih

Tiga mantan presiden AS, yaitu Barack Obama, George W Bush, dan Bill Clinton, hadir. Kehadiran mereka menambah semarak panggung pelantikan.

Acara dimulai pukul 11.00 siang waktu Amerika atau pukul 23.00 WIB. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan yang dibawakan Lady Gaga.

Baca juga : Hari Ini, Hujan Petir Disertai Angin Kencang Bakal Melanda Jakarta

Setelah itu, Kamala maju untuk mengucap sumpah sebagai Wakil Presiden. Rambut Kamala yang dibiarkan tergerai, terbang-terbang tertiup angin. Tapi, wanita pertama yang jadi Wapres AS ini, tak terganggu kencangnya angin. Dia fasih membacakan tiap kalimat sumpah sebagai wapres.

Setelah Kamala, Biden gantian mengucapkan sumpah. Pengucapan sumpah Biden juga berjalan lancar. Tak ada pengulangan-pengulangan. Cium sang istri, melayang ke pipi kanan dan kiri Biden, usai Biden mengucapkan sumpah. Begitu harmonisnya si kakek dan si nenek ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.