Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar

Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Trump

Kamis, 11 April 2019 09:42 WIB
Dubes Mahendra Siregar (kanan) menyerahkan surat kepercayaan 
kepada Donald Trump, Senin (8/4). (KBRI Washington DC).
Dubes Mahendra Siregar (kanan) menyerahkan surat kepercayaan kepada Donald Trump, Senin (8/4). (KBRI Washington DC).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ditemani udara sejuk awal Musim Semi di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar bertemu Presiden Donald Trump di Gedung Putih, Senin (8/4).

Dubes Mahendra menyerahkan Surat-surat Kepercayaan (Credential Letters) yang sekaligus menandai secara resmi dimulainya masa tugasnya di Negeri Paman Sam.

Dilansir keterangan pers KBRI Washongton DC, tepat pukul 10.45 waktu setempat, Dubes Mahendra didampingi istri, Ita Siregar, diantar menuju Gedung Putih dari Kementerian Luar Negeri AS dengan menggunakan kendaraan khusus yang disiapkan Kantor Kepala Protokol Gedung Putih.

Baca juga : Letakkan Batu Pertama Gedung SMK Kinabalu

Dubes beserta istri diterima Presiden Trump di ruang kerja, Ruang Oval, Gedung Putih. Ruang tersebut sering digunakan Trump untuk menerima kepala negara maupun kepala pemerintahan negara-negara sahabat dalam kesempatan kunjungan kenegaraan maupun kunjungan kerja.

Dalam sambutannya, Dubes Mahendra menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Donald Trump dan rakyat Amerika.

Salam hangat tersebut disambut baik Trump. Dia mengatakan, Indonesia merupakan mitra strategis yang penting bagi AS dan menyampaikan salam hangatnya kembali kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

Baca juga : Menhut Kampanyekan Keberhasilan Jokowi

Mahendra juga menggarisbawahi berbagai kesamaan yang dimiliki Indonesia dan Amerika Serikat, yaitu sama-sama sebagai negara demokratis dan majemuk yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan penghormatan terhadap hak asasi manusia, toleransi, dan supremasi hukum.

“Kesamaan ini menjadi salah satu faktor penting yang melandasi hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat,” ucap Dubes Mahendra.

Selain itu, pertemuan tersebut juga dia gunakan untuk menegaskan kembali komitmen Indonesia memperkuat hubungan kedua negara, yang pada tahun ini ditandai dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS.

Baca juga : Tarian dan Silat Meriahkan Sfax Children Book Fair

Mahendra Siregar merupakan diplomat karier senior yang dilantik Presiden RI pada 7 Januari 2019 dan merupakan Dubes RI ke-19 untuk AS. Sebelum diangkat sebagai Dubes RI di AS, Mahendra Siregar pernah menduduki berbagai jabatan di pemerintahan, antara lain sebagai Staf Khusus Menteri Luar Negeri, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Wakil Menteri Keuangan, Wakil Menteri Perdagangan serta Chairman dan CEO Eximbank Indonesia.

Sebagai diplomat karier, Dubes Mahendra pernah bertugas di Kedutaan Besar RI (KBRI) di London, Inggris (1992-1995) dan KBRI di Washington DC, Amerika Serikat (1998-2001).

Selain berkiprah di pemerintahan, Dubes Mahendra juga pernah menduduki berbagai posisi penting, yakni sebagai Direktur Eksekutif Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) dan Komisaris beberapa perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, pertambangan, manufaktur, teknologi dan infrastruktur. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.