Dark/Light Mode

AS Tambah 3,5 Juta Dolar Bantuan Vaksinasi Indonesia

Selasa, 27 April 2021 14:19 WIB
AS Tambah 3,5 Juta Dolar Bantuan Vaksinasi Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat (AS) melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) menggelontorkan dana tambahan bantuan untuk meningkatkan upaya vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Dalam pengumuman Selasa (27/4/2021), Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia mengumumkan, tambahan pendanaan sebesar 3,5 juta dolar (Rp 50,75 miliar) melalui USAID. Dengan demikian total dukungan Pemerintah AS untuk respons Covid-19 Indonesia menjadi 14,5 juta dolar (Rp 210,25 miliar).

Baca juga : NZ, India Dan Indonesia

USAID akan menggunakan dana tambahan ini untuk memperkuat perencanaan, koordinasi, distribusi, dan pelaksanaan prosedur vaksinasi Pemerintah Indonesia selama dan setelah pemberian vaksin. "USAID juga membantu meningkatkan jumlah masyarakat yang divaksinasi dengan mengatasi kesalahan informasi," peryataan pers Kedubes AS, Selasa (27/4/2021)

AS, melalui USAID, mempercepat akses global terhadap vaksin Covid-19 melalui kontribusi bersejarah sebesar 2 miliar dolar (Rp 28 triliun) dari total 4 miliar dolar (Rp 56 triliun) yang direncanakan melalui Gavi, Aliansi Vaksin.

Baca juga : Dunia Rame-rame Bantu India

Kontribusi ini mendukung pembelian dan pengiriman vaksin COVID-19 untuk 92 negara termasuk Indonesia, melalui Gavi Covax Advance Market Commitment (AMC) Engagement Group.

Vaksin akan membantu melindungi kelompok masyarakat yang paling rentan dan menurunkan penyebaran varian Covid-19. Melalui Covax, Indonesia menerima total 4.965.600 juta dosis vaksin Covid-19 pada 8 Maret dan 26 April 2021. Selanjutnya, Indonesia dijadwalkan akan menerima 11.704.800 dosis lagi tahun ini.

Baca juga : Perketat Protokol Kesehatan Prioritaskan Vaksinasi Lansia

“Penyebaran Covid-19 yang cepat telah menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada negara yang bisa berjuang sendiri melawan pandemi global. Amerika Serikat berkomitmen untuk mendukung upaya vaksinasi Indonesia, bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk menyelamatkan jiwa serta berupaya untuk membuka kembali ekonomi Indonesia secara aman,” kata Wakil Duta Besar Heather Variava.

Sejak awal pandemi Covid-19, Pemerintah AS melalui USAID mendukung respons Indonesia dengan membekali tenaga kesehatan dengan alat yang diperlukan; meningkatkan kapasitas laboratorium, surveilans penyakit, dan respons cepat; mempercepat deteksi dan pelacakan kasus; serta meningkatkan komunikasi risiko untuk memastikan bahwa lebih banyak orang tahu bagaimana cara melindungi diri sendiri dan orang lain. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.