Dark/Light Mode

Jadi Imam Masjid di UEA Digaji Rp 22 Juta/Bulan, Siapa Berminat?

Sabtu, 22 Mei 2021 09:27 WIB
Dubes RI untuk UEA Husin Bagis. (Foto: Youtube Rakyat Merdeka TV)
Dubes RI untuk UEA Husin Bagis. (Foto: Youtube Rakyat Merdeka TV)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) di Uni Emirat Arab (UEA) ada sekitar 70 ribu hingga 100 ribu orang. Diungkapkan Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis, dari jumlah itu, 80 persen bekerja di bidang domestik atau rumah tangga.

Sisanya, adalah pekerja profesional. Mulai dari pekerja industri minyak, pelaut, salon, perawat, dan imam masjid. Imam masjid? Ya. Menurut Husen, ada 12 WNI yang jadi imam masjid di negara itu.

"Jadi awalnya pada 2017, kami cerita ke menteri agama (UEA) bahwa di Indonesia itu banyak orang yang hafiz (penghafiz) Quran. Terkejut dia. Akhirnya dibuka seleksi," ungkap Husin dalam talk show bertajuk "Lebaran Meriah di Uni Emirat Arab" yang digelar RM.id, Jumat (21/5).

Kemudian terpilihlah 15 orang Indonesia yang dikirim ke UEA. Seiring perjalanan waktu, jumlahnya tinggal 12 orang.

Baca juga : Kane Dibanderol Rp 1,7 Triliun, Siapa Minat?

Di sana, diungkapkan Husin, imam masjid mendapat gaji yang cukup fantastis, yakni sekitar Rp 22 juta per bulan. Itu baru gaji imam masjid biasa di perkotaan. Kalau di masjid utama, gajinya bisa lebih besar lagi.

Selain mendapatkan gaji fantastis, imam juga diberikan fasilitas berupa rumah di sekitar masjid tempat dia bertugas. Rumah yang disediakan bukan petakan, tapi rumah khusus yang dilengkapi AC. Imam yang sudah berkeluarga, juga diperbolehkan membawa keluarga.

Menurut Husin, tugas imam masjid di UAE relatif lebih enteng daripada di Tanah Air. "Imam nggak banyak kerjaan, hanya imam masjid, sama khotbah. Khotbahnya tinggal membaca saja materi dari kementerian agama di sini," kisahnya.

Untuk menjadi imam masjid, biasanya mesti hafal 30 juz. Kalau hafal hanya setengahnya, hanya jadi muazin, yang merangkap sekretaris imam.

Baca juga : Jokowi Optimis Kurva Covid Melandai Di Bulan Juli, Tapi Ada Syaratnya...

Husin membeberkan, sebetulnya UEA sudah meminta Indonesia menyediakan 200 imam untuk dikirim ke sana dalam tiga tahun. Permintaan itu disampaikan Presiden Jokowi saat mengunjungi Abu Dhabi, ibu kota UEA pada Januari 2020. Tapi karena ada pandemi Covid-19 pada 2020, rencana itu molor.

Tahun ini, seleksi dimulai kembali. Sudah ada 83 yang diseleksi. Yang lulus, 27 orang. Mereka akan berangkat ke UEA tahun depan. "Kalau 200 orang, berarti ada 173 orang lagi yang akan berangkat dalam dua tahun depan," harapnya.

Karena itu, citra Indonesia yang dulunya hanya dianggap sebagai negara pengirim TKI atau TKW, kini mulai luntur. Pemerintah dan orang-orang UEA sangat menghargai orang-orang Indonesia, baik dalam pekerjaan bidang rumah tangga, perusahaan besar, menengah, maupun kecil.

"Citra Indonesia juga naik karena kedekatan antara kedekatan antara Presiden Jokowi dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Mohammed Bin Zayed," ucap Husin.

Baca juga : Wow, Hamilton Digaji Rp 1,8 Miliar Per Hari

Diketahui, nama Jokowi diabadikan jadi nama jalan di Abu Dhabi. Indonesia membalasnya dengan mengganti nama Jalan To Jakarta-Cikampek II Elevated atau Jalan Tol Layang Japek, menjadi Jalan Layang Syeikh Mohammed Bin Zayed (MBZ).

Jokowi dan Mohammed Bin Zayed sudah pernah saling mengunjungi sebelumnya. Mohammed Bin Zayed tercatat pernah datang ke Istana Bogor, Jawa Barat, pada 24 Juli 2019. Jokowi pun pernah berkunjung ke Abu Dhabi dan bertemu Mohammed Bin Zayed pada 12 Januari 2020. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.