Dark/Light Mode

Tak Punya Sembako Saat Lockdown

Di Malaysia Kibarkan Bendera Putih, Di Sini, Jangan Sampai Begitu Deh...

Senin, 5 Juli 2021 05:37 WIB
Viral Kampanye Bendera Putih di Malaysia. (Foto : Dok: WorldofBuzz)
Viral Kampanye Bendera Putih di Malaysia. (Foto : Dok: WorldofBuzz)

 Sebelumnya 
Kejadian serupa juga diungkapkan anggota DPR asal Bukit Mertajam, Steven Sim. Melalui Twitternya, Sim mengisahkan perjuangan seorang pedagang kaki lima bernama Ah Soon. Sejak MCO berlangsung, Ah Soon kelaparan karena tidak memiliki uang.

Dalam cuitannya itu, Sim menuliskan, Ah Soon bingung hanya untuk sekadar beli makan. Padahal, ia sudah berusaha mencari uang, menjual barang-barang seperti mesin cuci hingga kipas angin. Tapi, akhirnya ia menyerah juga, dan memutuskan memasang bendera putih di depan rumahnya.

Baca juga : AirAsia Hentikan Penerbangan Sampai 6 Agustus 2021

“Ia terlilit utang, cicilan rumah, sepeda motor, tagihan listrik sampai tagihan air belum dibayarnya selama lima bulan. Ia sudah menjual mesin cuci dan kipas anginnya untuk beli makanan,” tulis Sim sambil memposting foto-foto rumah Ah Soon yang dihiasi bendera putih.

“Sambil menangis, Ah Soon bilang ke saya, dia ingin pergi dari dunia ini. Dia bilang, sudah berusaha sekeras mungkin, tapi setiap kali dia membuka kedai makanan atau berjualan, pemerintah pasti mengeluarkan kebijakan lockdown atau MCO,” kata Sim, melanjutkan ceritanya.

Baca juga : Lockdown Total, Malaysia Siapkan Penjara Bagi Pendatang Tak Berdokumen

Kejadian serupa juga menimpa dua wanita lanjut usia yang memasang bendera putih di depan rumahnya. Hanya saja, aksinya tidak berlangsung lama. Karena tetangganya memberitahu, bendera putih merupakan sikap yang tidak sopan, bisa didenda pemerintah.

Kisah dua wanita lansia itu lantas viral di Facebook setelah MP Lim Lip Eng membagikannya di Facebook. “Negara seperti apa kita tinggal. Sampai ada orang di luar sana yang takut untuk meminta bantuan?” beber Kepong MP Lim Lip Eng yang juga merupakan Anggota Parlemen Malaysia, menukil World od Buzz, Sabtu (3/7).

Baca juga : Hai Para Pemudik, Mau Kaya Begitu?

Kemudian, Lim Lip Eng bergegas ke rumah dua wanita lansia itu. Ia berpesan, tidak perlu malu untuk meminta bantuan. “Sebagai orang yang diangkat oleh rakyat, sudah menjadi tanggung jawab saya untuk membantu! Kibarkan saja bendera putih. Saya akan mencarimu dan bersedia membantu,” janjinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.