Dark/Light Mode

Tak Raih Dukungan Mayoritas Rakyat Kanada

PM Trudeau Rentan Tumbang Di Pemilu

Sabtu, 18 September 2021 06:35 WIB
Pemimpin Partai Konservatif, Erin O`Toole (kiri), dan pemimpin Partai Liberal, Justin Trudeau (kanan), dalam debat pemilu Kanada menggunakan bahasa Perancis pada Rabu (8/9/2021) di Gatineau, Quebec. (Foto: THE CANADIAN PRESS/JUSTIN TANG via AP).
Pemimpin Partai Konservatif, Erin O`Toole (kiri), dan pemimpin Partai Liberal, Justin Trudeau (kanan), dalam debat pemilu Kanada menggunakan bahasa Perancis pada Rabu (8/9/2021) di Gatineau, Quebec. (Foto: THE CANADIAN PRESS/JUSTIN TANG via AP).

 Sebelumnya 
Wajah Baru

Pada Pemilu Kanada kali ini mencuatkan satu politisi pemula yang disebut-sebut berpeluang mengalahkan PM Trudeau, yakni Erin O’Toole.

Dalam pemilu ini, Erin O’Toole maju sebagai pemimpin Partai Konservatif dan menempel ketat Partai Liberal pimpinan Trudeau. Keputusan Trudeau memajukan pemilu membuat banyak pemilih gusar. Sebab, digelar saat pan­demi masih terjadi.

Baca juga : Survei CISA: Mayoritas Tolak Wacana Presiden 3 Periode

“Ada lebih banyak orang yang memiliki opini buruk tentang Justin Trudeau hari ini daripada sebelum kampanye,” kata Leger jelang pemilu Kanada.

Ketika Trudeau mengumum­kan pemilu, sebagian besar warga menolaknya. Apalagi Ka­nada saat itu sedang memasuki gelombang keempat Covid-19. Erin O’Toole dari kubu oposisi juga menyuarakan penolakan.

“Sekarang bukan waktunya untuk pemilu. Kita semua bisa menunggu dan ke tempat pe­mungutan suara ketika sudah aman,” katanya.

Baca juga : PM Jepang Pamitan

Erin O’Toole secara luas tidak dikenal Kanada, tapi sekarang, pria 48 tahun itu menempel ketat Justin Trudeau sebagai perdana menteri berikutnya.Pada awal kampanye, menurut Abacus Data yang dikutip BBC, 40 persen orang Kanada tidak cukup tahu tentang Erin O’Toole bahkan opini tentang dia. Kemudian selama kampanye, Erin O’Toole memperkenalkan dirinya meng­gunakan pendekatan yang lebih lembut. Erin O’Toole sering merujuk ke keluarga mudanya, memulai jawaban atas pertanyaan dengan menyebutkan istrinya, Rebecca, dan dua anak mereka.

Erin O’Toole sangat menekankan pengalaman profesionalnya di luar politik. Ia menghabiskan 12 tahun bersama Royal Cana­dian Air Force sebagai navigator helikopter. Kemudian, ia 10 tahun di bidang hukum perusahaan.

“Sejak hari pertama kepemimpinan saya, prioritas saya adalah membangun gerakan Konservatif di mana setiap orang Kanada dapat merasa seperti di rumah sendiri,” katanya minggu ini dikutip dari BBC, Jumat (17/9).

Baca juga : Kapolri Ingatkan Prokes Pada Perhelatan PON XX Di Papua

“Kami bukan Partai Konser­vatif ayahmu lagi,” pungkas Erin O’Toole. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.