Dark/Light Mode

Memahami Kelompok Radikal (5)

Jumat, 4 Maret 2022 06:45 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Suatu saat terjadi reshuffle Pengurus Mesjid untuk mengganti pengurus yang wafat atau pindah alamat, ia dipasang sebagai pengurus baru. Di antara para pengurus, dialah yang paling rajin.

Baca juga : Memahami Kelompok Radikal (4)

Pada saatnya tiba waktu pemilihan pengurus baru, ia terpilih sebagai ketua formatur, bahkan terkadang dipilih secara aklamasi, karena prestasinya yang luar biasa di masjid itu. Giliran melengkapi kepengurusan, kesempatan yang sudah lama ditunggu-tunggu, dimasukkanlah seluruh kawan-kawannya dari luar menjadi pengurus.

Baca juga : Memahami Kelompok Radikal (3)

Lama kelamaan, mereka mengambil alih seluruh aktivitas masjid, termasuk imam, khatib, dan penceramah tetap di masjid itu. Penceramah lama tidak dipakai lagi.

Baca juga : Memahami Kelompok Radikal (2)

Mulailah satu persatu orang didoktrin, hingga masjid itu menjadi markas aktivitas Kelompok Radikal itu. Mereka tidak perlu membeli tanah, membangun bangunan, dan membiayai operasional kegiatannya, karena mereka sudah betul-betul memiliki masjid itu. Bahkan hati dan pikiran jamaah masjid itu pun dimiliki.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.