Dark/Light Mode

Menikmati Penderitaan

Rabu, 25 Mei 2022 06:05 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Orang ini sudah tidak pernah lagi mengeluh dan terus mendaki langit kebahagiaan, karena kedua sayap kehidupan­nya terkembang. Sayap kiri berfungsi untuk menyabarkan diri dari musibah dan sayap kanan berfungsi untuk mensyu­kuri seluruh kenikmatan. Kedua sayap kehidupannya sudah berfungsi dengan baik.

Jika seseorang mabuk ketika mendapatkan kenikmatan dan keberuntungan, dan sebaliknya meratapi musibah dan kegagalan, maka itu bukti orang itu masih jauh dari kualitas iman yang lebih baik.

Baca juga : Bersahabat Dengan Musibah

Virus Corona atau Covid-19 mestinya jangan mengalah­kan ketakutan kita kepada Allah SWT.

Virus itu salahsatu bentuk musibah yang diturunkan un­tuk memberikan pembelajaran kepada manusia. Namun, ini bukan berarti kita harus nekat menghadapinya, sebab takdir buruk juga perlu diikhtiarkan diubah menjadi takdir baik.

Baca juga : Masjid Nabi Untuk Pertunjukan Seni

Seorang yang betul-betul beriman kepada Tuhannya tidak perlu merasakan ketakutan berlebihan kepada apapun dan siapapun selain Allah Swt, termasuk kematian itu sendiri.

Tuhan kita di dunia, Tuhan kita di alam kubur dan di hari akhirat kelak, Dia lebih menonjol sebagai Maha Pengampun, Pengasih, dan Penyayang daripada Maha Penghukum, Penyiksa, dan Pendendam.

Baca juga : Ketika Alam Dan Manusia Tidak Bersinergi (4)

Tidak sepantasnya orang itu panik atu sedih berlebihan jika ditimpa musibah. Demikian pula sebaliknya, tidak sepantasnya juga mabuk ketika ia memperoleh nikmat dan keberuntngan, karena dunia ini hanya “sejengkal” dalam menuju kehidupan abadi di akhirat kelak.

Setelah kita berusaha dengan keras, serahkanlah diri kepada Allah SWT. Hasil akhirnya terserah Allah SWT. Wa la haula wala quwwata illa billah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.