Dark/Light Mode

Tinjauan Haji Dalam Berbagai Dimensi Spiritual (1):

Berawal Dari Drama Kosmos

Rabu, 6 Juli 2022 06:19 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Ketika Adam diciptakan seorang diri, ia gelisah dan memohon diciptakan pasangan lalu diciptakanlah Hawa dari tulang rusuknya sendiri. Selama di syurga, keduanya diminta untuk tidak mendekati buah khuldi. Di sinilah Iblis mulai berperan, membujuk keduanya untuk memakan buah khuldi (secara bahasa berarti “kekal”) jika ingin kekal di dalam syurga. Akhirnya keduanya tergoda oleh bujuk rayu Iblis. Akibatnya, Adam dan Hawa dijatuhkan dari syurga kenikmatan ke bumi penderitaan.

Baca juga : Menyelaraskan Kedudukan Agama Dan Negara

Keduanya berjumpa di bukit ’Arafah (perjumpaan), yang sekarang menjadi arena haji. Permintaan pertama yang mereka minta ialah rumah pertobatan sebagaimana halnya di Baitul Makmur. Allah Swt kemudian memerintahkan malaikat mebangunkan ka’bah di Mekkah tepat garis lu­rus di bawah Baitul Makmur, sebagaimana disebutkan di dalam Q.S. Ali Imran/3:96: ”Sesungguhnya rumah mula-mula dibangun untuk (untuk tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkahi dan menjadi penunjuk bagi semua manusia”). Di halaman ka’bah itu, Adam dan Hawa melaksanakan thawaf.

Baca juga : Menggagas Nasionalisme Yang Terbuka

Drama kosmik yang melibatkan pemeran utamanya lintas makhluk, yaktu makhluk bilologis, semi biologis, makhluk spiritual, dan semi spiritual, dengan lokasi antar planet, yakni dunia metafisik (untuk menghindari konotasi negatif ‘dunia gaib’) dan dunia nyata di alam raya, yakni di bumi ini.

Baca juga : Efek Positif Melting Pot

Dengan demikian, ibadah hakiki adalah ibadah makhluk makrokosmos dan makhluk mikrokosmos. Ibadah haji mempertemukan antara berbagai jenis alam dan makhluk Allah SWT. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.