Dark/Light Mode

Bagaimana Merawat Kemabruran Haji? (12)

Berbakti Kepada Orang Tua

Selasa, 9 Agustus 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Tidak cukup hanya mengirimkan uang ke kampung, atau mengirimkan obat, suster, atau bahkan dokter. Yang lebih tepat ialah anak langsung berbuat baik kepadanya secara langsung. Di mana pun dan dalam keadaan apa pun, sang anak tidak ada alasan untu menelantarkan orang tuanya.

Baca juga : Berlomba Melakukan Kebaikan

Dalam perkembangan masyarakat kita ada kecenderungan rasa respek anak terhadap kedua orang tua semakin krisis atau semakin bermasalah. Anak-sudah mulai tidak mau mendengarkan nasehat orang tuanya, bahkan sudah banyak yang berani menyiksa orang tua karena tidak diberi uang jajan atau tidak dibelikan motor. Bahkan ada yang memaksa orang tuanya untuk menjual rumah tinggalnya dengan alasan minta bagian warisannya sebelum orang tuanya meninggal. Naúdzu billah.

Baca juga : Senantiasa Bertutur Santun

Bisa dibayangkan, jika kenyataan ini merajalela di dalam masyarakat maka dikhawatirkan akan turun adzab Tuhan secara massif. Rasulullah pernah bersabda, salah satu tanda-tanda hari kiyamat kecil, sebelum nanti datangnya tanda-tanda besar, ialah pra orang tua melahirkan raja atau ratunya. Artinya orang tua akan melahirkan pemaksa dan terror yang akan menyiksa dirinya. Sekarang sudah umum kita saksikan anak-anak durhaka kepada kedua orang tua. Ada yang secara langsung dan ada dalam bentuk tidak lang­sung, dengan melakukan pembiaran orang tuanya terlantar di tempat lain. Belum lagi banyaknya anak-anak remaja yang seperti menyandera orang tuanya, mereka mengancam mogok sekolah atau kuliah kalau tidak dibelikan kendaraan, sungguhpun itu berat bagi orang tua. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.