Dark/Light Mode

Bagaimana Merawat Kemabruran Haji? (15)

Memelihara Kejujuran

Jumat, 12 Agustus 2022 06:39 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Menurut Al-Junaid, kejujuran ialah bersikap jujur dan me­nyatakan kebenaran di daerah yang tidak ada orang selamat kecuali berdusta. Abu Ali al-Daqqaq mengatakan kejujuran adalah engkau menganggap dirimu sebagaimana adanya, atau engkau dilihat seperti apa adanya dirimu.

Ada juga yang mengatakan, orang yang jujur adalah orang yang tidak senang dan tidak membenci jika amal dilihat. Ada juga yang mengatakan, orang yang jujur adalah orang yang siap meninggal dan tidak merasa malu jika rahasianya dibeberkan. Sesungguhnya Allah memuji kejujuran dan memerintahkan supaya bersikap jujur, sebagaimana dalam firmannya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. Al-Taubah/9: 119).

Baca juga : Merawat Kemurahan Hati

Dalam hadis Nabi dijelaskan: “Seorang hamba yang tetap bersikap jujur dan konsekwen dalam kejujurannya, ia akan dicatat sebagai orang jujur di sisi Allah. Dan seseorang yang selalu berdusta dan tetap dalam kedustaannya, ia akan dicatat sebagai pendusta di sisi Allah.” Nabi menasehatkan: “Tinggalkanlah apa yang meragukan kamu dan ambillah apa yang tidak meragukan, sebab sesungguhnya kejujuran itu adalah ketenangan dan kedustaan adalah kebimbangan.” Ia menambahkan: “Sesungguhnya kejujuran menuntun kepada kebaikan dan kebaikan menuntun kepada surga.”

Kejujuran merupakan deretan kedua setelah derajat kenabian sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT: “Mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi ni`mat oleh Allah, yaitu: para Nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh.” (QS. Al-Nisa’/4: 69).

Baca juga : Memuliakan Tamu

Kejujuran meliputi kejujuran dalam niat, kejujuran dalam pembicaraan, dan kejujuran dalam perbuatan. Kejujuran dalam niat adalah tidak menghendaki semua perkataan, perbuatan, dan keadaannya kecuali hanya karena Allah. Kejujuran dalam ucapan sudah dimaklumi, dan kejujuran dalam perbuatan adalah bersikap optimis melakukan ses­uatu dan tidak dengan asal-asalan. Profesionalisme adalah salah satu wujud kejujuran.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.