Dark/Light Mode

Menghemat Politik Identitas (3)

Etik Politik Identitas Dalam Al-Quran

Senin, 15 Agustus 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
7. Al-Qur’an menekankan perlunya bersikap kritis terhadap isu dan dan informasi.

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. (Q.S. Al-Hujurat/49: 6)

8. Al-Qur’an juga mewanti-wanti kita untuk tidak menjadi sumber keonaran atau profokator di dalam masyarakat:

Baca juga : Mengapa Al-Qur`an Menghemat Bicara Politik Identitas?

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. (Q.S. Al-Hujurat/49:12).

9. Menghindari buruk sangka dan negative thingking serta sifat-sifat yang tidak terpuji lainnya.

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. (Q.S. Al-Hujurat/49:12)

Baca juga : Al-Qur`an Dan Politik Identitas

10. Menekankan substansi persatuan di dalam masyarakat, bukannya menonjolkan perbedaan.

“Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan

11. Menjunjung tinggi ukhuwah imaniyah (persaudaraan keimanan). (Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat). (Q.S. Al-Hujurat/49:10).

Baca juga : Memelihara Kejujuran

12. Mengedepankan titik temu dan menghindari titik perbedaan.

(Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. (Q.S. Al-Hujurat/49:13). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.