Dark/Light Mode

Menghemat Politik Identitas (7)

Beriktibar Dari The Founding Fathers

Minggu, 21 Agustus 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya, Wali Songo bersama para muridnya, dan The Founding Fathers cukuplah menjadi contoh dan guru perjuangan bagi warga bangsa Indonesia yang menginginkan martabat utama. Terwujudnya negeri damai, sejahtera, dan tenteram memang tidak gratis. Asal suatu generasi mau belajar dari generasi sebelumnya pasti mereka akan mencapai puncak sejarah yang mengharukan dan mengharumkan.

Baca juga : Reformulasi Etika Politik Islam

Kita berharap, bumi Indonesia yang diwariskan oleh The Founding Fathers bisa kita pertahankan, kita rawat, dan kita kembangkan lebih baik seperti yang dicita-citakan mereka. Walaupun mereka tidak sempat menikmati buah kemerdekaan yang merenggut jiwanya tetapi di alam sana pasti tersenyum menyaksikan Indonesia yang sedang berkembang seperti sekarang ini. Akan tetapi sebaliknya mereka akan merasa tidak tenang di alamnya di sana seandainya warisannya ini disia-siakan apalagi diterlantarkan.

Baca juga : Tidak Ada Kata Politik (Siyasah) Dalam Al-Qur`an

The Founding Fathers kita juga manusia biasa bahkan jauh lebih sederhan ketimbang kita sekarang. Meskipun demikian, kebesaran hati dan kelapangan dada mereka luar biasa. Mereka bisa menyingkirkan perbedaan ikatan primordial dan agama, istilahnya sekarang mereduksi politik aliran demi mencapai cita-cita utama yaitu Indonesia bebas dan merdeka. Mereka bekerja tanpa bantuan computer dan alat komunikasi dan transportasi canggih, namun mereka memiliki keikhlasan di dalam berjuang maka hasilnya dahsyat. Indonesia merdeka. Kata kunci di sini ialah: Di mana ada keikhlasan di situ ada keajaiban. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.