Dark/Light Mode

Dilema Subsidi Pupuk

Rabu, 25 Januari 2023 07:54 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

 Sebelumnya 
Sri Mulyani 2 pekan yang lalu menegaskan, APBN menanggung biaya pembangunan infrastruktur IKN seperti bendungan, Listrik, jalan- jalan, Istana, telekomunikasi, dll. Tentu saja, anggaran yang dibutuhkan tidak kecil. Untuk tahun 2022 misalnya, APBN mengalokasikan Rp 12 triliun, tahun ini pemerintah sudah alokasikan anggaran Rp 23,9 Triliun. Untuk bangun Istana IKN saja diperlukan anggaran Rp 2 triliun!

Baca juga : Era Baru Imlek

Spending negara meningkat tajam, sedang revenue negara tidak terlalu signifikan, dari mana menutup defisitnya? Tentu dari cetak utang dan efisiensi.

Baca juga : Ada Apa Antara Bu Mega Dan Jokowi?

Terkait dengan masalah subsidi pupuk, pemerintah harus tekan. Salah satunya dengan mendorong pertanian organik dan mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia. Jika subsidi pupuk membubung, piutang subsidi pemerintah yang ditimbulkan akan terus meningkat. Jelas ini berita yang memprihatinkan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.