Dark/Light Mode

Membaca Ulang Al-Quran (16)

Pendekatan Hermeneutika (1)

Kamis, 6 April 2023 06:14 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Metode pemahaman Al-Qur’an dengan menggunakan metode hermeneutika masih tetap di dalam perdebatan. Pendapat yang kontra menganggap tidak perlu menggunakan pendekatan hermeneutika di dalam memahami ayat-ayat suci AlQur’an.

Mereka menganggap pendekatan ini bukan saja tidak relevan tetapi juga bisa mengelirukan bahkan menyesatkan.

Baca juga : Berbagai Perspektif Pemahaman Al-Qur’an

Menurut mereka, pendapat ini hanya relevan untuk membaca dan memahami Bible yang yang usianya sudah sangat tua dan kosa kata yang digunakan di dalam Bible boleh jadi sudah sangat jauh melenceng pemaknaannya saat ini.

Hermeneutika itu sendiri berarti memaknai sebuah teks masa silam di dalam perspektif kekinian dan kedisinian. Hermeneutika dalam bahasa aslinya disebut hermêneuine dan hermênia berarti “menafsirkan” dan “penafsiran”.

Baca juga : Makna Iqra’ Keempat (2)

Fungsi hermeneutika antara lain untuk menjelaskan ide dalam pikiran melalui kata-kata, menjelaskan makna yang masih samar menjadi lebih jelas, dan menerjemahkan suatu bahasa ke dalam bahasa lain yang lebih dikuasai.

Al-Qur’an bagi kelompok ini tidak perlu diragukan pemaknaan teks ayat-ayatnya karena selain relative lebih baru juga pemaknaan kosa katanya dikawal oleh kitab-kitab tafsir yang sanadnya terus bersambung hingga saat ini.

Baca juga : Makna Iqra’ Keempat (1)

Dalam lintasan sejarah dunia Islam, tidak pernah suatu masa berlalu tanpa kelahiran sebuah tafsir. Belum lagi ayat-ayat Al-Qur’an dikawal juga oleh hadis-hadis Nabi yang sangat terpelihara keabsahannya, terutama oleh para muhadditsin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.