Dark/Light Mode

Nasib Prabowo Setelah Ganjar Capres PDIP

Kamis, 27 April 2023 07:10 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

 Sebelumnya 
Prabowo berusaha senyum setelah keluar dari pecakapan empat mata dengan Presiden di rumah kediamannya di Solo.

Ya, itulah spekulasi luas yang jadi perbincangan setelah Hari Raya Idul Fitri. Bagaimana nasib Prabowo pasca pengumuman Gajnar sebagai Calon Presiden PDI Perjuangan?

Baca juga : Tunjukkan Kedigdayaan TNI Di Papua

Para pengamat politik per­caya Prabowo hampir mustahil dipasangkan dengan Ganjar sebagai calon presiden dan calon wakil presiden. Pertama, karena hasil survey kedua tokoh ini sama-sama tinggi. Kedua, Bu Mega juga tidak berkenan Prabowo “masuk” karena dia bukan anggota PDI Perjuangan. Bu Mega kini sedang berpikirkeras bagaimana Nasib Puan Maharani, atau Prananda Pabowo? Sehari setelah Idul Fitri, Jokowi ditanya siapa calon duet Prabowo; beberapa politisi disebut namanya sambal tere­nyum, antara lain Erick Thohir, Airlangga Hartarto, Cak Imin.

Erick Thohir sudah lama disebut-sebut sebagai pasangan Prabowo. Airlangga kabarnya sudah menyatakan tidak berminat alias mundur karena sudah punya firasat bakal kalah. Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ketua Umum PKB? Dua tokoh ini sebetulnya sudah membuat deklarasi sebulan yang lalu, keduanya tam­pak serius. Toh, Prabowo bukan tidak tahu Cak Imin bukanlah calon “kelas berat".

Baca juga : Dua Masalah Besar Yang Menghadapi Indonesia

Sebetulnya, Prabowo masih berharap kembali ke Sandiaga Uno, pasangan duetnya dalam Pilpres yang lalu. Tapi Prabowo tampak ragu-ragu. Melihat si­kap Prabowo seperti itu, Uno menyatakan mau mundur dari Partai Gerindra; tapi “ditahan” oleh Prabowo. Sikap Uno yang ragu-ragu bersahabat dengan Gerindra, karena PPP serius me­minang dirinya. Nah, hanya se­hari setelah Prabowo dipinggir­kan PDI Perjuangan, Sandiaga Uno secara resmi menyatakan mundur dari Gerindra. Prabowo tampak sedih. Dia tulis surat, mengingatkan Sandiaga Uno bahwa seorang pemimpin harus bersabar, tidak boleh terburu-buru, dll. Tapi, pertalian dua sa­habat ini tampaknya sudah tamat.

Jadi, bagaimana nasib Prabowo setelah PDIP mencapres­kan Ganjar?

Baca juga : TNI Unjuk Gigi Hantam KKB

Semua tunggu komando Pak Jokowi, kata Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN. Tentu Jokowi sebagai Presiden yang selama ini super aktif “main catur” dengan banyak kalangan tidak pernah habis akal. Dan dia harus mencari akal untuk menolong Prabowo, karena “telanjur” memberikan janji-janji terselubung kepada Ketua Umum Partai Gerindra ini!! Namun, jangan lupa, di seberang sana, ada sosok politisi yang tidak kalah kuat: Megawati Soekarnoputri yang kini sudah membuka pintu kepada parpol-parpol lain untuk bergabung dengan PDI Perjuangan, setelah secara definitif punya calon presiden yang sangat potensial dan siap menggusur calon presiden mana pun, termasuk Anies Baswedan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.