Dark/Light Mode

Menggagas Fikih Siyasah Indonesia (32)

Anti Kekerasan

Minggu, 25 Juni 2023 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Allah berfirman: “Hai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu (yang dijanjikan akan diselamatkan), sesungguhnya (perbuatannya) perbuatan yang tidak baik. Sebab itu janganlah kamu memohon kepada-Ku sesuatu yang kamu tidak mengetahui (hakikat) nya. Sesungguh­nya Aku memperingatkan kepadamu supaya kamu jangan termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan.” (Q.S. Nuh/11:45).

Berdakwah adalah mulia, apalagi jika dakwah itu meng­hasilkan banyak orang tertarik masuk dan mengikuti agama Allah SWT.

Namun lebih dari itu, Allah SWT meminta kita untuk bersabar. Sebaik apa pun sebuah tujuan, tidak boleh menghalal­kan segala cara untuk menca­pai tujuan itu.

Baca juga : Politik Kemanusiaan

Sebetulnya bukan hanya kekerasan, tetapi menanam kebencian kepada orang lain yang kemudian menyebabkan lahirnya pendzoliman terhadap orang itu juga dilarang sebagaimana firman Allah SWT:

Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. (Q.S. Al-Maidah/5:8).

Allah SWT mengingatkan kita untuk tidak menempuh cara-cara kekerasan untuk tujuan apa pun. Kita tidak dibenarkan mengorbankan orang lain. Dalam Al-Qur’an ditegaskan:

Baca juga : Mengenal Konsep Sulthan

Barangsiapa yang mem­bunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia selu­ruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. (Q.S. Al-Maidah/5:32).

Demikian pula kita tidak dibenarkan mengorbankan diri sendiri di dalam berdakwah atau memperjuangkan sebuah gagasan, sebaik apa pun gagasan itu, sebagaimana ditegaskan dalam ayat:

Dan janganlah kamu men­jatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-Baqarah/2:195).

Baca juga : Mengenal Konsep Khilafah

Dengan demikian dapat di­katakan bahwa atas nama apa pun, untuk apa pun, dan kepada siapa pun, kekerasan tidak ada tempatnya dalam Islam. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.