Dark/Light Mode

17 Agustus Dalam Dimensi Geopolitik Dan Geostrategi

Rabu, 16 Agustus 2023 06:39 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

 Sebelumnya 
Lantas pada hari-hari ini di seantero pelosok kampung dan segala penjuru Indonesia, segenap warga memasang bendera merah-putih –ini adalah ekspersi kebahagiaan terhadap semarak merayakan 17 Agustus. Sama-sama merayakan kebahagiaan pada tanggal dan bulan lahirnya Republik Indonesia –sebuah bangsa yang selalu punya kebahagiaan.

Dan sebetulnya bangsa Indo­nesia telah menunjukkan hal itu sejak dulu: sekurang-kurangnya sejak 17 Agustus 1945, telah menghirup kemerdekaan, melepas belenggu-belenggu penjajahan, maka bangsa ini hidup bahagia meniti jembatan emas menyemai masa depan yang gemilang.

Baca juga : Memperkuat Etika Pemerintahan Dalam Memilih Pemimpin

Lalu Bung Karno berpesan: “Masa depan tergantung pada apa yang kita lakukan di hari ini.” Pernyataan ini sekaligus mencerminkan semangat, opti­misme, dan komitmen untuk membangun bangsa yang lebih baik, yang pada gilirannya dapat menginspirasi dan membawa kebahagiaan bagi segenap bangsa Indonesia.

Maka 17 Agustus setiap tahun selalu dirayakan dengan sukacita dan penuh kebanggaan, di mana bangsa Indonesia merayakannya bukan saja sebagai momentum kebangsaan, juga sebagai re­fleksi untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang untuk mencapai kemerdekaan Indonesia

Baca juga : Indonesia Siap Hadapi Ketidakpastian Geopolitik Dunia

Di sinilah pentingnya meraya­kan tanggal kemerdekaan bukan hanya sebuah upacara formal, tetapi juga memiliki manfaat yang lebih mendalam. Manfaatnya antara lain untuk memelihara identitas kebangsaan, dan melestarikan warisan sejarah. Dengan mengingat ini untuk generasi muda jadi dapat menge­nal dan menghargai akar-akar sejarah mereka.

Bersamaan pula dalam me­raya­kan 17 Agustus pun guna memperkuat energi persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Maka dari perayaan 17 Agustus ini sejumlah perbedaan sosial, budaya, suku, ras, dan agama, seringkali teratasi demi ke­banggaan bersama sebagai bagian dari satu Indonesia. Ini pun memicu rasa cinta dan ­tanggung jawab terhadap bangsa dan ­negara: membangkitkan semangat membangun kejayaan Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.