Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (70), Pandangan Kosmologi Islam (7)

Mengenal Alam Jabarut (1)

Rabu, 29 November 2023 05:47 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam Islam dikenal ada tiga alam dengan beberapa macam istilah. Yang paling umum ialah Alam Jabarut, Alam Malakut, dan Alam Mulk atau biasa disebut Alam Syahadah.

Alam Jabarut adalah jenis alam paling tinggi. Alam ini biasa juga disebut sebagai alam gaib mutlak. Alam Jabarut iberada di atas Alam Malakut, alamnya para malaikat. Alam Jabarut juga biasa disebut Alam Ruh.

Baca juga : Mengenal Tingkatan Wujud Maratib al-Wujud

Tidak semua penghuni alam malakut dapat mengakses alam Jabarut. Hanya ada beberapa malaikat yang bisa mengakses ala mini. Ini membuktikan bahwa sesama penghuni alam Malakut tidak memiliki kapasitas yang sama.

Alam malakut sendiri memiliki penghuni tetap yaitu para malaikat utama seperti Jibril, Mikail, Israfil, dan lain-lain. Alam Jabarut lebih dekat dengan “Maqam Puncak”, yang biasa disebut Haramil Qudsiyyah.

Baca juga : Doktrin Trilogi: Antara Ibn ’Arabi dan Plotinus

Alam Jabarut sebagai bagian dari alam gaib mutlak agak sulit menjelaskaan secara skematis karena memang sudah masuk wilayah antara alam dan Maqam Qudsiyah. Ia berada di antara wilayah aktual dan wilayah potensial yang lazim disebut dengan al-A’yan al-Tsabitah.

Penghuni alam Jabarut adalah ’sesuatu yang bukan Tuhan dalam level Ahadiyyah, melainkan derivasinya dalam level Wahidiyat. Dalam buku-buku tasawuf, di alam Jabarut ini berlangsung apa yang disebut sebagai Nafakh al-Ruh (peniupan Ruh suci Allah) yang kemudian mampu manghidupkan jasad. Itulah sebabnya alam Jabarut biasa juga disebut dengan alam ruh.

Baca juga : Doktrin Trilogi: Antara Tajalli dan Pantheisme

Di alam Jabarut juga kita mengenal adanya realitas kesamaran antara “sesuatu” dengan “bukan sesuatu”, antara “alam” dan “bukan alam”, dan antara “sifat” dan “asma”.

Di dalam alam Jabarut ini terjadi proses suatu keberadaan dari keshy;beradaan potensial ke keberadaan aktual.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.