Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (72), Pandangan Kosmologi Islam (9)

Mengenal Alam Malakut (1)

Jumat, 1 Desember 2023 05:36 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam artikel terdahulu sudah dibahas tentang Alam Jabarut, puncak tertinggi bagi wujud yang disebut alam. Alam Malakut yang lebih dikenal dengan alamnya para malaikat dan jin, suatu alam yang tingkat kedekatannya dengan alam puncak lebih dekat namun masih lebih dekat lagi Alam Jabarut.

Alam Malakut tidak bisa ditangkap oleh panca Indera, karena sudah termasuk alam gaib. Manusia dengan kekuatan panca indera fisiknya hanya mampu mengobservasi secara fisik alam syahadah mut­lak seperti alam mineral, alam tumbuh-tumbuhan, alam hewan, dan sebagian dari dirinya sendiri.

Baca juga : Mengenal Alam Jabarut (2)

Para penghuni alam malakut terdiri atas para jin, ma­laikat, termasuk iblis. Alam ini tidak bisa diakses dengan panca indera atau kekuatan-kekuatan fisik manusia. Alam ini hanya bisa diakses oleh manusia jika mereka mampu menggunakan potensi lahut atau malakut yang dimilikinya.

Hubungan interaktif antara para penghuni alam di­mungkinkan, mengingat berbagai alam tersebut sebagai sama-sama ciptaan Allah SWT. Manusia sebagai makhluk utama memiliki kemampuan untuk itu karena kedahsy­atan unsur ketiga tadi.

Baca juga : Mengenal Alam Jabarut (1)

Jika kita merujuk kepada pendapat Syekh Abduk Qadir Jailani yang membagi roh itu ke pada empat tingkatan, maka semakin mudah kita memahami kemungkinan itu. Menurut Syhek Abdul Qadir Jailani dalam kitabnya Sirr al-Asrar, roh itu memiliki empat tingkatan, yaitu: Roh jasadi yang berinteraksi dengan alam Mulk; roh ruhani yang berinteraksi dengan alam malakut; roh sulthani yang berinteraksi dengan alam Jabarut; dan roh al quds yang berinteraksi dengan alam lahut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.