Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (73), Pandangan Kosmologi Islam (10)

Mengenal Alam Malakut (2)

Sabtu, 2 Desember 2023 05:55 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Setelah penciptaan unsur ketiga ini selesai maka para makhluk lain termasuk para malaikat dan jin bersujud ke­padanya dan alam raya pun ditundukkan (taskhir) kepada Adam.

Unsur ketiga ini pulalah yang mendukung kapasitas mamnusia sebagai khalifah (representatif) Tuhan di bumi (Q.S. al-An‘am/6:165) di samping sebagai hamba (Q.S. al-zariyat/51:56).

Baca juga : Mengenal Alam Malakut (1)

Meskipun memiliki unsur ketiga, manusia akan tetap menjadi satu-satunya makhluk eksistensialis, karena hanya makhluk ini yang bisa turun naik derajatnya di sisi Tuhan. Sekalipun manusia ciptaan terbaik (ahsan taqwim/Q.S. al-Tin/95:4), ia tidak mustahil akan turun ke derajat “paling rendah” (asfala safilin/Q.S. al-Tin/95:5), bahkan bisa lebih rendah daripada binatang (Q.S. al-A‘raf/7:179).

Eksistensi ke­sempurnaan manusia dapat dicapai manakala ia mampu mensinergikan secara seimbang potensi berbagai kecerdasan yang dimilikinya, seperti orang sering menyebutnya dengan kecerdasan unsur jasad (IQ), kecerdasan nafsani (EQ), dan kecerdasan ruhani (SQ).

Baca juga : Mengenal Alam Jabarut (2)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 2 Desember 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (73), Pandangan Kosmologi Islam (10), Mengenal Alam Malakut (2)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.