Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (73), Pandangan Kosmologi Islam (10)

Mengenal Alam Malakut (2)

Sabtu, 2 Desember 2023 05:55 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Apakah manusia bisa mengakses Alam Malakut? Kelebi­han yang Allah SWT berikan kepada manusia memungkinkan mengakses melampaui kodrat alam huniannya di alam Mulk atau alam Syahadah. Al-Qur’an menisyaratkan unsur kejadian manusia ada tiga, yaitu unsur badan atau jasad (jasad), unsur nyawa (nafs), dan unsur roh (ruh).

Dalam Al-Qur’an, lain nyawa lain roh. Nyawa dimiliki oleh tumbuh-tumbuhan dan binatang, tetapi unsur roh ti­dak dimiliki oleh keduanya, bahkan oleh seluruh makhluk Tuhan lainnya.

Baca juga : Mengenal Alam Malakut (1)

Unsur roh inilah yang membuat para malaikat dan seluruh makhluk lainnya sujud kepada manusia (Adam).

Roh yang merupakan unsur ketiga manusia ini menjadi potensi amat dahsyat baginya untuk mengakses alam pun­cak sekalipun. Unsur ketiga inilah yang disebut sebagai ciptaan khusus (khalqan akhar) di dalam Al-Qur’an:

Baca juga : Mengenal Alam Jabarut (2)

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tem­pat yang kokoh (rahim). Ke­mudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadi­kan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik”. (Q.S. al-Mu’minn/23:12-14)

Kata “ansya’nahu khalqan akhar” dalam ayat di atas menurut para mufassir dimak­sudkan sebagai unsur rohani setelah unsur jasad dan nyawa (nafs). Hal ini sesuai dengan riwayat Ibn Abbas yang menafsirkan kata ansya’nahu dengan ja’ala insya’ al-ruh fih (penciptaan roh ke dalam diri Adam).

Baca juga : Mengenal Alam Jabarut (1)

Unsur ketiga ini ke­mudian disebut unsur ruhani, atau lahut atau malakut. yang menjadikan manusia berbeda dengan makhluk biologis lain­nya.

Unsur ketiga ini merupakan proses terakhir dan sekaligus merupakan penyempurnaan substansi manusia sebagaimana ditegaskan di dalam beberapa ayat, seperti dalam Q.S. al-Hijr/15:28-29:
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.