Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (74), Pandangan Kosmologi Islam (11)

Mengenal Alam Mulk (1)

Minggu, 3 Desember 2023 05:56 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dunia pendidikan perlu diarahkan bagaimana membentuk emas dan berlian murni, bukan logam kasar atau mineral standar. Menempa peserta didik menjadi orang yang bernilai tinggi diperlukan penempaan yang proses yang sempurna. Tidak bisa asal-asalan jika kita menghendaki kulatis sumber daya manusia yang lebuh handal. Di sinilah peran agama, menuntun kita untuk menjadi “logam mulia” dan “berlian asli”.

Alam syahadah mutlak merupakan pelajaran kearifan di dalam menjalani kehidupan. Hendaknya alam syahadah mutlak ini tidak semata-mata dijadikan obyek pembelajaran, tetapi sesekali menjadi subyek pembelajaran guna meraih kemuliaan hidup. Bagi umat beragama, tentu bukan hanya di dunia tetapi juga di akhirat.

Baca juga : Mengenal Alam Malakut (2)

Meskipun manusia berada di alam Mulk tetapi manusia bisa mengakses alam-alam yang lebih tinggi sebagaimana ditujukkan kemampuan Nabi Muhammad SAW.

Ia bisa menerobos ke puncak ketinggian melalui mi’raj, yaitu undangan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjumpai diri-Nya di maqam puncak. Jibril yang ditugasi mengawal Nabi dalam perjalanan suci ini juga tidak sanggup mengantar Nabi sampai ke puncak.

Baca juga : Mengenal Alam Malakut (1)

Ia mengatakan energi saya hanya bisa sampai di sini, tetapi Nabi Muhammad SAW terus melejit sampai ke Sidratul Muntaha. Allahu a’lam.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 3 Desember 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (74), Pandangan Kosmologi Islam (11), Mengenal Alam Mulk (1)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.