Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (98)

Belajar dari Ekosistem Lebah-Madu

Sabtu, 30 Desember 2023 05:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sebuah disertasi yang mengambil penelitian tentang lebah madu yang dihubungkan dengan ayat Al-Qurán surah al-Nahl, ditulis oleh Prof. Dr. Andi Mappatoba, guru besar Universitas Hasanuddin Makassar, mengungkapkan bahwa lebah memilki banyak keunikan. Lebah memiliki tiga struktur komunitas, yaitu komunitas pekerja yang mencari madu ke berbagai kembang, komunitas pengamanan ratu yang tugasnya hanya mengerumun di sarang untuk mengamankan ratu dan madu dalam sarang, dan ratunya sendiri. Ratu bisa bertahan sampai tiga tahun, dan yang paling pendek umurnya ialah lebah kelas pekerja yang mencari madu.

Ia juga menemukan kadar glucose dalam madu lebih aman dikonsumsi disbanding dengan gula jenis lain.

Konon di Jerman ada sebuah rumah sakit yang unsur pengobatannya dari lebah madu. Mulai dari madu, sarang lebah, sampai kepada sengatan lebahnya sendiri. Yang paling menarik untuk dikaji ialah mengapa serangga yang disebut dalam Al-Qur’an adalah betina.

Baca juga : Belajar dari Ekosistem Sapi

Ternyata menurut para ahli biologi, yang memimpin masyarakat lebah, seperti halnya masyarakat semut dan laba-laba, ternyata adalah jenis betina (ratu).

Bukan rahasia lagi bagi seseorang yang ingin beternak lebah, menjinakkan ratunya. Jika ratunya dijinakkan maka masyarakatnya yang lain akan mengikutinya.

Dengan demikian memudahkan untuk diternakkan. Sekarang peternakan lebah terdapat di mana-mana di hampir setiap negara. Selain mudah diternak juga menghasilkan banyak keuntungan.

Baca juga : Belajar Dari Ekosistem Gajah

Di Indonesia sendiri sudah lama lebah-madu dijadikan sebagai obat alternatif bahkan obat primer bagi sejumlah penyakit. Madu juda sudah lama dijadikan semacam suplemen untuk kesehatan dan kekuatan manusia.

Madu dengan ramuan sejumlah bahan lain bisa meningkatkan nilai dan harganya. Kebutuhan madu dalam negeri belum mencukupi seluruh kebutuhan, sehingga kita masih mengekspor kebutuhan madu, khususnya madu jenis-jenis tertentu.

Mungkin inilah antara lain rahasianya mengapa Allah SWT memberi nama salahsatu surah Al-Qur’an dengan Al-Nahl.

Baca juga : Belajar dari Ekosistem Unta (2)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 30 Desember 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (98) Belajar dari Ekosistem Lebah-Madu"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.