Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (92)

Kecerdasan Burung Hud-hud (1)

Sabtu, 23 Desember 2023 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Burung-burung bukan hanya sebagai penghias alam semesta atau alat penghibur para pencinta burung, tetapi keberadaan burung di dalam Al-Qur’an lebih dari itu, burung dijadikan se­bagai ­inteljen, alat transportasi surat menyurat ­seperti burung hud-hud, sumber inspi­rasi ­seperti burung gagak, dan bahkan menjadi kekuatan peng­hukum seperti yang dilakukan burung-burung Ababil yang menghancurkan pasukan Abrahah.

Baca juga : Belajar dari Burung Gagak

Keberadaan burung dalam ekosistem lingkungan hidup amat penting. Ada banyak jenis burung yang diciptakan Tuhan dengan membawa fungsi ­masing-masing. Burung kelelawar yang banyak menghuni gua-gua ternyata kotorannya menjadi pupuk tanaman yang sangat baik.

Baca juga : Mengambil Iktibar Dari Komunitas Semut

Burung-burung kecil dan berbagai burung yang cantik buluhnya, indah suara­nya, dan cerdas bisa dijadikan penjaga kebun, rumah, dan barang-barang penting lainnya

Baca juga : Masyarakat Hewan Juga Punya Nabi

Khusus burung Hud-hud di­­ceritakan panjang lebar di dalam Al-Qur’an, antara lain: “Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata: “Mengapa aku tidak melihat hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. ­Sungguh aku benar-benar akan mengazabnya ­dengan azab yang keras, atau benar-benar menyembelih­nya ke­cuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang”. Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: “Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita pen­ting yang diyakini, Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah ­mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar. Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan setan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk”. (Q.S. al-Nam/27:20-24).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.