Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (100)

Belajar Dari Ekosistem Laba-laba (1)

Selasa, 2 Januari 2024 06:08 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Pelajaran yang berharga yang bisa diperoleh dari surah al-‘Ankabut (laba-laba) ini ialah jenis betina memiliki jasa yang amat besar. Sama halnya dengan manusia posisi ibu sangat penting.

Dalam hadis Nabi pernah diungkapkan pertanyaan seorang sahabat: Kepada siapa kami mengabdi Ya Rasulallah, dijawab: Ibumu, ibumi. Ibumu, kemudian ayahmu. Umumnya nama binatang yang dijadikan nama surah dalam Al-Qur’an ialah nama-nama binatang atau serangga betina. Mungkin ini juga bisa dimaknai bahwa feminie power seringkali lebih diperlukan daripada masculine poer. Ketika dunia sudah over masculine ketika itulah kita perlu sentuhan feminine, yang biasa juga disebut dengan soft of power.

Baca juga : Belajar Dari Ekosistem Kucing Dan Anjing

Sekecil apapun sebuah serangga dan selemah apapun sarangnya tetap kita tidak bisa memandang enteng mereka, karena ternyata peranan hewan-hewan itu masing-masing mempunyai peranan yang amat menentukan dalam kelangsungan hidup alam semesta, termasuk anak manusia. Ini semua sesuai dengan ayat di dalam Al-Qur’an: “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.(Q.S. Ali ‘Imran/3:191).

Banyak cerita membuktikan bahwa hewan-hewan kecil mampu membunuh hewan-hewan besar. Kekuatan serangga kecil ialah kebersamaannya di dalam menjalani kehidupannya. Mereka kompak untuk menjalani kehidupannya yang servive alam terbuka.

Baca juga : Belajar dari Ekosistem Lebah-Madu

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 2 Januari 2024 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (100) Belajar Dari Ekosistem Laba-laba (1)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.