Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (94)

Belajar dari Ekosistem Unta (1)

Selasa, 26 Desember 2023 05:54 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Binatang unta banyak diungkap di dalam Al-Qur’an dan kitab-kitab suci lain. Binatang pelintas padang pasir ini memiliki peran penting di dalam menghubungkan suatu kabilah dengan kabilah lain atau suatu negeri dengan negeri lain.

Struktur tubuh unta yang memiliki kemampuan menampung cadangan air dan makanan lebih dari 200 kg. Unta bisa menyeberang padang pasir seperti melintasi jazirah Arab yang luasnya sekitar 3.000 x 2.500 KM, yang membentang antara laut merah sampai ke sungai Tigris dan antara Yaman di Selatan sampai Syam (Syria) di utara.

Baca juga : Kecerdasan Burung Hud-hud (2)

Unta dapat menempuh perjalanan selama dua miggu tanpa makan dan minum.

Cadangan air dan makanan yang tersimpan di dalam perutnya bisa digunakan untuk melakukan perjalanan dua minggu tanpa makan dan minum. Bahkan seminggu berikutnya masih bisa terus melanjutkan perjalanannya karena lemak di punggungnya bisa diubah menjadi kalori yang dapat dikonsumsi.

Baca juga : Kecerdasan Burung Hud-hud (1)

Tidak heran jika unta telah melakukan perjalanan panjang berat badannya turun sampai 40%, tetapi cukup istirahat empat hari makan dan minum maka berat badan normalnya bisa pulih kembali dan sanggup melakukan perjalanan baru.

Peran positif unta di dalam masyarakat padang pasir luar biasa besarnya. Namun demikian, unta pun bisa menjadi sumber malapetaka bagi manusia yang melampaui batas sebagaimana diungkapkan di dalam ayat:

Baca juga : Belajar dari Burung Gagak

“Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka, Saleh. Ia berkata. “Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya, dengan gangguan apa pun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih.” (Q.S. al-A’raf/7:73).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.