Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (124)

Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (5)

Jumat, 2 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Pasal ini cukup jelas membatasi pemahaman yang bisa muncul dalam pasal 28 sebelumnya yang seolah-olah menjadi “SIM” bagi manusia untuk menajadi makhluk antroposentris, yang mempunyai kewenangan mutlak untuk menjadi penguasa alam semesta, tanpa memperhatikan makhluk lainnya. Perhatikan ayat tersebut di atas, dengan tegas dikatakan bahwa Tuhan pun memberikan kesempatan yang sama kepada makhluk lain selain manusia, seperti tumbuh-tumbuhan, binatang di dart, burung di udara, dan ikan di laut.

Perhatikan juga pasal 27 sebelum pasal 28 yang sering di shoot itu, dengan tegas menyatakan:

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (4)

27) Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya. Ia menciptakan mereka seperti Ia sendiri. Ia menciptakan mereka laki-laki dan perempuan.

Maksud pasal ini mengingatkan bahwa Tuhan menciptakan manusia menurut gambar-Nya, artinya manusia diminta mencontoh sifat-sifat dan karakter Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tidak hanya pentayang terhadap anak manusia tetapi juga kepada seluruh makhluknya yang lain. Dengan demikia, tidak tepat dikatakan bahwa agama-agama Abrahamic Religions menjadi penyebab atau mendukung terjadinya kerusakan alam semesta, tetapi lebih merupakan kepada orang-orang yang tidak mengindahkan agamanya secaya holistic dan bertanggung jawab.

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (3)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 2 Februari 2024 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (124), Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (5)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.