Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (127)

Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Jangan Memandang Enteng Barang Bekas!

Selasa, 6 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam Riwayat lain diriwayatkan, Rasulullah turun dari mimbar dan mengajak berdialog bekas mimbar itu dengan mengatakan:

“Sekarang kamu boleh memilih antara ditanam di tempatmu semula, dengan kamu dapat tumbuh berkembang seperti sebelumnya, atau ditanam di surga dengannya kamu bisa meresap sungai-sungai dan mata air di sana, lalu kamu akan tumbuh dengan baik dan buh-buhmu akan dipetik para kekasih Allah. Apa pilihanmu akan aku laksanakan”. Abu Buraidah menanyakan jawabannya kepada Rasulullah dan kayu itu memilih untuk ditanam di surga. (H.R. al-Darimi).

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Dinding Dan Daun Pintu Pun Merespon Manusia

Dalam riwayat lain dikatakan ketika Mesjid Nabawi dihancurkan untuk direnovas, Ubay ibn Ka’ab mengambil batang pohon bekas mimbar itu dan ia menyimpan di rumahnya sampai hancur. (H.R. Ahmad & Ibn Majah).

Sadarlah kita semua bahwa semuanya itu mempunyai arti di dalam kehidupan kita. Ingat firman Allah SWT: “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Q.S. Ali ‘Imran/3:191).

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Perspektif Abrahamic Religions (5)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 6 Februari 2024 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (127), Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Jangan Memandang Enteng Barang Bekas!"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.