Dark/Light Mode

Meraih Berkah Bulan Sya`ban (1)

Membangun Pangkalan Pendaratan Ramadhan

Senin, 12 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam bulan Rajab kali Sya’ban kali ini sudah waktu­nya kita memperbaiki hu­bungan silaturrahim kita antara sesame warga bangsa setelah tercabik-cabik oleh mikrofon kampanye Pemilu, sudah waktu­nya kita mengintrospeksi diri dengan membaca rapor merah kita di mata Tuhan, mengasah ketajaman mata batin untuk mengintip lorong rahasia menuju Tuhan, menghitung jumlah pundi-pundi amal jariyah yang akan memback-up kita di kuburan dan di hari akhirat, menghitung jumlah zakat dari property yang kita miliki, mempersiapkan anak saleh yang akan mendoakan kita kelak, dan mengevaluasi suasana kebatinan kita, memohon ampun kepada orang-orang yang berjasa terutama kedua orang tua kita. Ingat, kematian tidak pernah menjadi penghalang untuk berbakti kepada mereka. Sedikit artinya buat kita besar artinya bagi mereka. Jika kita tidak mampu menyapu pusaranya cukup membacakan surah al-Fatihah dalam sujud untuknya.

Baca juga : Menjadi Pencinta Sejati Alam Semesta

Tentu kita juga harus belajar kepada guru, buku, dan penga­laman hidup kita, bagaimana agar tiga bulan penuh berkah ini bisa meng-upgrade kualitas spiritual kita dari mukhlis menjadi mukhlas, dari shabir menjadi mashabir, hingga shabur, dari tawakkal menjadi Taslim hingga tafwidh, dari taib menjadi tawwab, dari syukur menjadi syakur, dari muslim terus menjadi mu’min, dan dari mu’min menjadi muhsin, dan dari muhsin menjadi muttaqin.

Baca juga : Memahami Dalil-dalil Lingkungan Hidup: Jangan Memandang Enteng Barang Bekas!

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 12 Februari 2024 dengan judul "Meraih Berkah Bulan Sya'ban (1) Membangun Pangkalan Pendaratan Ramadhan"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.