Dark/Light Mode

Meraih Berkah Bulan Sya`ban (3)

Meningkat Dari Taib Ke Tawwab (1)

Kamis, 15 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sedangkan tawwab perinsipnya sama saja dengan taib, yaitu melakukan pertobatan dari dosa dan maksiyat pada saat terjadinya dosa, bahkan kadang mengumpulkan dosa lalu sekaligus dilakukan pertobatan secara menyeluruh. Sedangkan tawwab frekuensinya lebih sering, bahkan tanpa harus menunggu adanya perbuatan dosa atau maksiyat tetap saja selalu bertaubat dan istigfar. Orang-orang yang masuk kategori tawwab selalu merasa ada yang salah di dalam dirinya sehingga selalu bolak-balik betrobat kepada Allah SWT. Orang-orang seperti inilah uang disebutkan di dalam Al-Qur’an: Innallah yuhib al-tawwabin wa yuhib al-mutathahhirin (Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri). (QS. Al-Baqarah/2” 222).

Baca juga : Meningkat Dari Istighfar Ke Taubat

Taubat menurut Imam Al-Gazali ada tiga tingkatan. Pertama, taubatnya orang awam, yaitu taubat dari dosa dan maksiyat. Kedua, taubatnya orang khawas, yaitu taubat tidak karena melakukan dosa atau maksiyat melainkan taubat karena alfa melakukan ketaatan yang bersifat sunnat, misalnya meninggalkan shalat dhuha, shalat tahajjud, puasa Senin-Kamis, dll. Ketiga, taubatnya orang khawash al-khawash, yaitu taubat bukan karena dosa dan maksiyat atau meninggalkan ketaatan sunnat, apalagi wajib, melainkan taubat karena berkurangnya nilai khusyuk dari seluruh rangkaian rutinitas ibadah yang dilakukan. Bagi golongan ini, alfa sedikitpun tidak mengingat Allah SWT dirasakan seperti melakukan dosa, sehingga ia berusaha untuk menutupi kelemahan-kelemahan itu dengan taubat dan istighfar.

Baca juga : Membangun Pangkalan Pendaratan Ramadhan

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, edisi Kamis, 15 Februari 2024 dengan judul "Meraih Berkah Bulan Sya`ban (3) Meningkat Dari Taib Ke Tawwab (1)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.