Dark/Light Mode

Meraih Berkah Bulan Sya`ban (8)

Meningkat Dari Tahmid ke Syukur

Selasa, 20 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Kiat untuk mempertebal rasa syukur menurut Al-Syiblî ialah kita harus melihat kepada pemberi nikmat dan bukan kepada nikmatnya. Jika kita hanya fokus melihat pada wujud nikmat tidak menghubungkan apalagi melupakan Sang Pemberi nikmatnya maka di sinilah muncul masalah, sehingga nikmat itu menjadi tidak berkah. Sebaliknya jika konsentrasi kita tertuju kepada Sang Pemberi Nikmat (Allah SWT) pasti wujud kenikmatan itu tidak membuat seseorang mabuk dan silau.

Baca juga : Meningkat Dari Shabir ke Mashabir Dan Shabur

Syukur ada tiga macam; syukur dengan lisan, inilah yang populer, syukur ­dengan hati, yaitu menyadari sepenuhnya atas segala apa yang disaksikan di bumi yang luas dan tetap konsisten menjaga kehormatan, serta syukur ­dengan aktualisasi diri. Syukur kedua mata adalah menahan dan menghindari dari segala yang diharamkan Allah atas kedua­nya dan dari segala aib orang. Syukur kedua telinga adalah menyumbat keduanya dari segala aib orang dan yang tidak halal didengarnya. Syukur kedua tangan adalah menahan untuk tidak mengambil hak orang lain. Syukur kedua kaki adalah tidak menjalankannya pada arah yang menuju kemaksiatan.

Baca juga : Meningkat Dari Mukhlish Ke Mukhlash

Seseorang harus meyakini bahwa bersyukur dengan taufik itulah yang merupakan syukur yang paling sempurna. Harapan kita, tentu ingin meningkatkan kualitas kesyukuran kita, tidak hanya sekedar mengucap tahmid dan pujian kepada Allah SWT tetapi bagaimana mengaktualkan rasa syukur kita sehingga, selain kita memperoleh kepuasan batin kita juga menjadi rahmat bagi semesta alam. Itulah wujud pribadi yang bersyukur.

Baca juga : Meningkat Dari Taib ke Tawwab (3)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 3, edisi Selasa, 20 Februari 2024 dengan judul "Petugas KPPS 2024 Diingatkan Jangan Lupa Makan Dan Istirahat, Masdalina Pane: Petugas KPPS Perlu Istirahat Bergantian"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.