Dark/Light Mode

Keputusan Jitu Puntodewa

Senin, 21 Januari 2019 07:54 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Melihat posisi tidak menguntungkan di pihak Wirata, Puntodewo yang sedang menyamar sebagai lurah pasar Dwijakangka membuat keputusan strategi cepat. Bima diperintahkan menghadapi serangan Prabu Susarmaan dari bagian selatan. Sedangkan Harjuna diberi tugas memukul mundur pasukan Kurawa dari sisi utara Wirata.

Baca juga : Berkaca Debatnya Bisma Vs Kresna

Keputusan cepat Puntodewa tersebut membuahkan hasil. Prabu Matswapati berhasil direbut kembali dari tangan Susarman. Dan Prabu Susarman tewas oleh Bima. Bukan saja keselamatan kerajaan Wirata terlindungi, penyamaran para satria Pandawa di Wirata tidak diketahui oleh Kurawa. “Sinuhun Puntodewa membuat keputusan cepat karena menguasai permasalahan yang dihadapinya, Mo,” komentar Petruk membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul Tole, Tugas seorang pemimpin adalah membuat keputusan dengan cepat.

Baca juga : Kutukan Hoaks Prabu Rama

Bisa dibayangkan kalau Bima dan Harjuna tidak diperintahkan Puntodewa untuk segera memukul mundur musuh. Perdebatan adalah sarana untuk melatih seseorang membuat keputusan.

Baca juga : Aquaman Vs Antasena

“Pemimpin yang tidak terbiasa dengan debat akan mengalami kesulitan dalam membuat keputusan dengan cepat. Manusia sering kali lama dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat. Sehingga sering memaksakan keadaan untuk memenuhi target yang diharapkan. Tetapi bukannya tercapai goal yang diinginkan malah menjadi bencana akibat lambannya sebuah keputusan,” papar Romo Semar. Sumonggo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.