Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (6)

Fungsi Masjid Nabi (14): Tempat Latihan Bela Diri (2)

Sabtu, 20 Maret 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salman Al-Farisi menganjurkan Nabi dan prajuritnya mem­bangun benteng pertah­anan dari musuh, bukan dengan membangun tembok tinggi seperti benteng-benteng kon­vensional dunia lain, berupa pembangunan tembok tinggi yang tak bisa diterobos oleh pasukan musuh.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (14): Tempat Latihan Bela Diri (1)

Benteng yang diusulkan Salman ialah menggali parit di sekeliling kota Madinah. Jika membangun tembok tinggi tidak mung­kin karena biayanya mahal dan terbatasnya jumlah penduduk, sementara para musuh sudah siap mengepung. Benteng yang diusulkan ialah menggali parit (khandaq) di seputar kota Madinah.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (12): Santunan Sosial (2)

Hasilnya luar biasa, selain murah-meriah juga efektif menghalau pasukan musuh yang tidak biasa menghadapi musuh di balik benteng parit. Kuda meloncat kuda yang jatuh dan korban dari pihak musuh jumlahnya lebih besar, karena mereka perang menggu­nakan otot, bukan dengan otak seperti yang dikembangkan pasukan Nabi. Para sahabat yang memiliki keterampi­lan dan ilmu bela diri diminta mengajar dan melatih pasukan di dalam masjid.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.