Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (6)

Fungsi Masjid Nabi (14): Tempat Latihan Bela Diri (2)

Sabtu, 20 Maret 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Dalam latihan itu ada yang meng­gunakan alat dan ada dengan tangan kosong. Tidak terkecuali peran diplo­masi secara pribadi dan kekeluargaan dengan kelompok Yahudi atau kelom­pok agama lain.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (14): Tempat Latihan Bela Diri (1)

Bisa dibayangkan seandainya masjid kita sekarang digunakan latihan Karate atau Tinju di masjid, sudah barang tentu akan menimbulkan sikap reaktif terh­adap umat Islam. Namun kenyataannya, masjid Nabi ketika masih hidup maupun setelah wafat, latihan peperangan atau bela diri masih tetap dilangsungkan se­jumlah masjid terkenal hingga saat ini.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (12): Santunan Sosial (2)

Dengan demikian, masjid semestinya bukan hanya dijadikan sebagai tempat beribadah, sebagaimana hal ini dilaku­kan di berbagai masjid di Indonesia. Meski sebagian sudah mengembangkan masjid sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Masjid Nabi benar-benar difungsikan secara optimistik untuk mem­berdayakan umat dan segenap warga masyarakat. Masjid benar-benar dijadi­kan sebagai benteng pertahanan militer dan sosial budaya masyarakat. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.