Dark/Light Mode

Islam dan Sexual Education (17)

Bias Gender Hubungan Intim (3)

Selasa, 6 Juli 2021 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemung­karan dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih” (QS Yusuf / 12 : 24).

Baca juga : Bias Gender Hubungan Intim (2)

Komentar beberapa ulama Tafsir terhadap ayat ini hampir sama dengan episode cerita dalam Kitab Talmud yang mendramatisir kesalahan Zulaihah. Kisah-kisah Israiliyat banyak digunakan untuk menjelaskan Surah Yusuf tersebut di atas, seperti penafsiran yang dilakukan oleh Ibn Abbas bahwa akibat godaan perempuan itu, Yusuf sudah tergoda.

Baca juga : Bias Gender Hubungan Intim (1)

Bahkan menurut Al-Razi, “Yusuf sudah mengambil posisi di antara kedua paha Zulaihah”. Zulaihah dini­lai pertama kali melakukan kesalahan dengan melakukan godaan (murawa­dah/temptation) kepada Yusuf yang menyebabkan Yusuf tergoda.

Baca juga : Mestikah Laki-laki Menjadi Sexual Drivers? (2)

Padahal konteks ayat tersebut secara keseluruhan menggambarkan bahwa kedua anak cucu Adam itu belum sam­pai berbuat terlalu jauh dan Allah pun memaafkan kekhilafan itu.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.