Dark/Light Mode

Mayoritas-Minoritas dalam Islam (2)

Sabtu, 2 Oktober 2021 06:35 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Lakum diinu­kum waliyadin (Untukmulah ag­amamu dan untuk­kulah agamaku) [QS Al-Kafirun:109: 6).

Baca juga : Mayoritas-Minoritas dalam Islam (1)

Ada sejumlah ayat dalam Alquran yang dapat dimaknai kel­ompok minoritas dan mayoritas, tetapi tidak menunjukkan adanya kelas, melainkan hanya pengkategorian sementara untuk membedakan antara satu dengan lainnya. Di antara ayat-ayat tersebut ialah:

Baca juga : Bentuk-bentuk Penistaan (2)

Dan ingatlah (hai para muhajirin) ketika kalian masih berjumlah sedikit, lagi tertindas di muka bumi (Mekah), kalian takut orang-orang (Mekah) akan menculik kalian, maka Allah memberi kalian tempat menetap (Madinah) dan dijadikan-Nya kalian kuat dengan pertolongan-Nya dan diberi-Nya kalian rezeki dari yang baik-baik agar kalian bersyukur. (QS Al-Anfal/8:26).

Baca juga : Bentuk-bentuk Penistaan

Demikian pula dalam ayat: “Maka tatkala Thalut keluar membawa ten­taranya, ia berkata: “Berapa banyak terjadi, golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS Al- Baqarah/2:249).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.