Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Aksi Persaudaraan Alumni 212 Solo Serangan Awal Kubu 02 Ke Kubu 01?

SUDIRMAN SAID : BPN Tidak Terlibat, Inisiatif Alumni 212

Rabu, 16 Januari 2019 10:15 WIB
Aksi Persaudaraan Alumni 212 Solo Serangan Awal Kubu 02 Ke Kubu 01? SUDIRMAN SAID : BPN Tidak Terlibat, Inisiatif Alumni 212

RM.id  Rakyat Merdeka - Persaudaraan Alumni (PA) 212 Solo menggelar acara tabligh akbar di Bundaran Gladak Solo, Minggu 13 Januari 2019. Aksi tersebut berlangsung di Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan protokol di kota tersebut. Jalan ditutup. 

Acara dihadiri ribuan peserta. Ketua PA 212 Solo Raya, Jayendra Dewa mengatakan, acara berlangsung tertib. Sesuai harapan, acara ini menjadi miniatur 212 di Monas. “Alhamdulillah acara selesai dengan tertib. Ini merupakan spirit 212 Monas. Harapan kami spirit itu kita implementasikan di Solo. Dan inilah miniatur 212 Monas,” ujarnya. 

Baca juga : Jamal Wiwoho : Perguruan Tinggi Negeri Harus Netral

Namun, Tim Kampanye Daerah (TKD) Solo Jokowi-Ma’ruf Amin menilai, acara tersebut bermuatan politik. Sehingga Ketua PA 212 Solo Raya dilaporkan ke Bawaslu. 

Ketua Bawaslu Solo Budi Wahyono menyampaikan, pihaknya memang menerima laporan dari TKD Solo Jokowi-Ma’ruf Amin. “Saat ini kami masih mengkaji dan berkoordinasi dangan Gakkumdu. Dari pihak pelapor akan melengkapi persyaratan sebelum hari Rabu. Setelah itu baru kita kaji bersama Gakkumdu,” lanjut Budi. 

Baca juga : Arief Budhy Hardono : Dukung Capres Boleh, Jangan Catut ILUNI UI

Memang banyak yang menduga Aksi Alumni 212 Solo ini ada kaitannya usai pemindahan posko pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno ke Kota Solo, Jawa Tengah. Serta ini sebagai manuver serangan dari kubu 02 ke 01? Lantas bagaiamana tanggapan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Kiai Ma’ruf Amin atas aksi tersebut, serta pemindahan Posko Pemenangan Kubu 02 ke Solo. Kepada Rakyat Merdeka, Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Kiai Ma’ruf, Raja Juli Antoni menanggapi hal tersebut dan langsung direspons oleh Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandi, Sudirman Said :
Apa tanggapan Anda terkait dengan aksi di Solo kemarin? 
Aksi damai yang diinisiasi secara mandiri oleh masyarakat adalah wujud dari kebebasan berserikat dan berpendapat. Itu bentuk ekspresi demokrasi. 

Apakah BPN terlibat dalam aksi tersebut? 
Sama sekali tidak. Itu sepertinya murni inisiatif komunitas alumni 212 yang memang terlihat makin solid setelah reuni di Jakarta. 

Baca juga : MARDANI ALI SERA : KPU Bekerja Saja Sesuai Aturan, Tak Perlu Takut

Banyak yang menduga kalau aksi tersebut adalah manuver serangan dari BPN setelah memindahkan markas ke Solo. Apakah itu benar? 
Tidak ada hubungan. BPN mengurus kampanye dengan strategi dan rencana rencana politiknya. Kami jalan terus insya Allah untuk menyambut antusiasme rakyat menyongsong perubahan. 

Dari aksi tersebut, Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf melaporkan PA 212 ke Bawaslu karena diduga terdapat kampanye terselubung dalam aksi tersebut. Apa ada tanggapan terkait hal ini? 
Melaporkan keberatan hak setiap warga negara. Jadi kita hormati hak hak warga negara dan kita berharap Bawaslu memproses seobyektif mungkin dan seadil-adilnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.