Dark/Light Mode

LC Beauty Ditarik Karena Belum Ada Izin BPOM

Wakil Ketua DPRD Jatim: Kalau Ada Unsur Kesengajaan, Bisa Masuk Tindak Pidana

Sabtu, 2 Juli 2022 18:09 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - DPRD Jawa Timur menyoroti kasus produk LC Beauty by KF Skin Cosmetics yang ditarik dari pasaran, menyusul belum terdaftarnya produk itu di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur Amar Saifuddin mengatakan, jika secara prinsip pihak perusahaan tersebut telah melakukan pelanggaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) yang memiliki UPT Perlindungan Konsumen, wajib bertindak.

Politikus PAN dari Dapil XIII itu juga menegaskan, seharusnya perusahaan memiliki etika dengan tidak memasarkan produk-produk ilegal tersebut ke masyarakat.

Baca juga : Loyalis Prabowo Hengkang Dari Gerindra

Dia juga mengaku sudah sering menyampaikan kepada masyarakat agar tidak mengedarkan produk yang belum memenuhi persyaratan secara administratif, perizinan pemerintah.

"Karena itu akan merugikan konsumen. Dan kalaupun itu ada kesengajaan, bisa jadi tindakan pidana," ujarnya, Sabtu (2/7).

Sebagaimana diberitakan, manajemen produk LC Beauty by KF Skin Cosmetics telah mengumumkan penghentian penjualan dan promosi produk kecantikannya.

Baca juga : Siapa Pengganti Azis Syamsuddin?

Penghentian itu diduga lantaran produk tersebut belum terdaftar di BPOM. Pemilik tempat usaha produk tersebut, Cindy, saat dikonfirmasi juga membenarkan adanya penarikan sejumlah produk kecantikannya yang sudah beredar di pasaran. "Iya mas," jawab Cindy singkat, Kamis (30/6).

Dalam pengumuman yang dibuat bernomor 001/PPLC.KFS/VI/2022 itu, pihak manajemen juga menyebut bahwa ini dilakukan mulai dari tingkatan distributor, agen, reseller, member, hingga dropshipper, baik secara offline maupun online.

Dalam pengumuman yang dibuat tertanggal 29 Juni 2022 itu juga tertulis bahwa pihak manajemen menyatakan permintaan maafnya.

Baca juga : Politik Malaysia Memanas Corona Makin Mengganas

"Berkaitan dengan hal tersebut, maka pihak management LC Beauty by KF Skin Cosmetics meminta maaf atas ketidaknyamanannya. Pihak management juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh distributor, agen, reseller, member dan dropshipper atas kerjasama yang telah terjalin," tulis manajemen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.