Dark/Light Mode

Agar Terhindar Dari Kejahatan Siber

Ortu Dan Guru Diminta Pantau Anak Ketika Bermain Medsos

Selasa, 5 Juli 2022 15:11 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

 Sebelumnya 
Sekadar informasi, penggunaan internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan. We Are Social mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, atau 61,8 persen dari total populasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan medsos. 

Baca juga : Energi Baru Terbarukan Buka Lebih Banyak Loker

Menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, indeks atau skor literasi digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang. 

Baca juga : Wow! 300 Ribu Posyandu Di Tingkat RT Mau Diaktifkan

Diskusi tersebut digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kementerian Kominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital di Kalimantan.

Baca juga : Abai Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut Memicu Kepikunan

Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.